Kesehatan

21 Makanan "Penghancur" Kolesterol, Mudah Dibuat Sendiri

 Rabu, 06 Juli 2022, 11:28 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/21 Makanan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Banyak makanan yang terlihat lezat dapat memicu naiknya kadar kolesterol, seperti daging, santan, daging ayam, hingga kue. Tak hanya makanan, kolesterol juga dipicu oleh kebiasaan yg kurang sehat seperti menghindari konsumsi makanan mengandung serat dan sayur-mayur atau mengonsumsi gula berlebih.

Kolesterol yang menumpuk akan mengeras dan membuat dinding arteri menyempit. Seiring berjalannya waktu, penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah ini akan memicu penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.



Melihat risiko-risiko berbahaya yang bisa disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi, akan lebih baik jika melakukan upaya pencegahan. Konsumsi beberapa makanan yang menyehatkan jantung dapat membantu menurunkan risiko melonjaknya kadar kolesterol.

Ternyata makanan dan minuman yang biasa kita temukan sehari-hari bisa dijadikan makanan penghancur kolesterol. Kira-kira makanan dan minuman apa saja ya?

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan bisa dikonsumsi setiap hari. Makanan dengan bahan dasar gandum ini mengandung beta glucan yang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi baik bagi kesehatan. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Bahkan, oatmeal banyak dijadikan pengganti nasi dan membantu orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

2. Tempe dan Tahu

Mengonsumsi produk-produk dari kedelai dipercaya mampu menjaga tubuh dari risiko penyakit jantung koroner dan stroke, seperti tempe dan tahu.

Tempe dan tahu memiliki kandungan fitokimia seperti saponin, fitosterol, lechitin, dan asam linoleat yang berperan aktif untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.

3. Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan bisa jadi cara ampuh untuk menghancurkan kolesterol dalam darah. Kacang-kacangan mengandung lemak tidak jenuh dan serat yang mampu menjaga kolesterol pada keadaan normal.

Kacang-kacangan bisa dikonsumsi sebagai cemilan atau dicampurkan dengan salad. Anda bisa memilih kacang-kacangan seperti almond dan kenari untuk dikonsumsi.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.