News

Buat Citra Negatif, Keberadaan Kafe di Delodberawah juga Tidak Menyumbang PAD

 Kamis, 23 Februari 2023, 21:29 WITA

bbn/kumparan/Buat Citra Negatif, Keberadaan Kafe di Delodberawah juga Tidak Menyumbang PAD.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Adanya kafe di Desa Delodberawah menjadi sorotan Pemkab Jembrana. Pasalnya selain membuat citra destinasi wisata terstigma negatif, juga tidak memberikan manfaat dari segi pendapatan atau PAD ke pemerintah daerah.

Satu-satunya yang memberi kontribusi hanya dari kolam renang air laut yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana. 

Dari segi pengelolaan, semua kafe yang ada di Desa Delodberawah berada di bawah Desa Adat. 

"Mengenai kafe di Delodberawah pengelolaannya di desa," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Jembrana I Komang Wiasa belum lama ini.

Pendapatan dari Desa Delodberawah, selama ini  dari kolam renang air laut. Sedangkan dari kafe atau tempat hiburan malam, memang belum ada retribusi atau pajak yang masuk menjadi PAD ke daerah. 

"Kolam renang saja yang masuk," ujarnya.

Mengenai penjualan minuman beralkohol yang dijual di setiap tempat hiburan tersebut, pihak pemerintah kabupaten tidak berhak memungut pajak. Karena pajak mengenai minuman beralkohol itu merupakan kewenangan pusat.

Sementara itu, Perbekel Desa Delodberawah I Made Rentana mengatakan, mengenai pengelolaan kafe yang ada di desanya dikelola oleh Desa Adat. Sehingga tidak ada yang masuk ke desa dinas dalam bentuk retribusi pajak.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending