News

Riset: Ponsel Bikin Kesehatan Mental Menurun di Usia 18-24 Tahun

 Senin, 16 Mei 2022, 20:45 WITA

bbn/Suara.com/Riset: Ponsel Bikin Kesehatan Mental Menurun di Usia 18-24 Tahun

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sebuah laporan dari Sapien Labs mengungkap bahwa penggunaan smartphone dapat menyebabkan penurunan berkelanjutan, dalam kesehatan mental orang-orang di usia 18-24 tahun.

Riset itu mengatakan kalau sebelum ada internet, orang berusia 18 tahun dapat menghabiskan 15.000-25.000 jam untuk berinteraksi dengan teman atau keluarga secara tatap muka.

Tapi dengan adanya internet, waktu untuk interaksi jadi turun hingga 1.500 sampai 5.000 jam saja, sebagaimana dilaporkan Phone Arena, Senin (16/5/2022).

Chief Scientist di Sapien Labs, Tara Thiagarajan mengatakan, kurangnya interaksi sosial ini mencegah orang-orang mempelajari skill penting, seperti cara membaca ekspresi wajah, bahasa tubuh, sentuhan fisik, respons emosional, dan konflik.

Thiagarajan mengaku kalau orang-orang tanpa keterampilan seperti itu dapat terasingkan dari lingkungan sosial dan cenderung merasa ingin bunuh diri.

Penelitian ini diperoleh dari 34 negara, di mana penurunan kesehatan mental orang dewasa muda (young adults) berusia 18-24 tahun telah dimulai sebelum pandemi.

Penurunan itu telah dimulai sejak 2010, bertepatan dengan peningkatan penggunaan ponsel.

Sebelum tahun itu, orang dewasa muda disebut memiliki tingkat kesejahteraan psikologis tertinggi yang kemudian menurun setelahnya.

"Data menunjukkan bahwa orang-orang kini menghabiskan 7-10 jam untuk online. Ini menyisakan sedikit waktu untuk berinteraksi di lingkungan sosial secara langsung," kata Thiagarajan.

Untuk mengatasinya, pengguna bisa memanfaatkan fitur Screen Time di iPhone atau Digital Wellbeing di Android agar membatasi waktu penggunaan smartphone.


Halaman :