News

9 Negara Tertua di Dunia

 Selasa, 17 Mei 2022, 17:10 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/9 Negara Tertua di Dunia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Dari 195 daftar negara yang ada di dunia, mungkin pernah terlintas di benak, negara mana yang paling lebih dulu ada dan membentuk peradaban?

Melansir dari Oldest.org, negara tertua di dunia berikut diketahui sudah ada sejak ribuan tahun lalu sebelum masehi (SM). Negara-negara yang terbentuk di era peradaban kuno ini mempunyai sejarah panjang tersendiri sebelum menjadi negara besar seperti sekarang.

Negara Tertua di Dunia

Bukti yang memperkuat bahwa negara berikut masuk kategori tertua di dunia, dibuktikan dari sejumlah peninggalan bersejarah yang ditemukan di negara tersebut. Berikut daftar negara tertua di dunia merujuk laman Oldest berdasarkan pembaruan data terkini pada 2021.

1. Mesir (6000 SM)

Ditelusuri dari sejarahnya, akar peradaban Mesir sudah ada sejak 6000 SM. Saat itu kelompok pemburu menetap tinggal di Lembah Sungai Nil.

Sementara dinasti pertama Mesir tercacat pada 3100 SM. Seluruh kawasan Mesir dari hulu ke hilir dipersatukan oleh kerajaan yang dipimpin Raja Menes.

Menes adalah istilah oleh masyarakat Mesir untuk sebutan pendiri negara tersebut. Sementara Raja Menes sebenarnya yaitu Raja Narmer dengan latar pengusaha.

Narmer juga bertanggung jawab atas seluruh pembangunan sepanjang Sungai Nil, sehingga dapat dilayari dan mendirikan ibu kota di Memphis, sebuah kota dekat Kairo modern.

Data sensus penduduk yang dilaporkan pada 2017 mencatat penduduk negara Mesir sebanyak 94 juta lebih.

2. India (3300 SM)

Negara India dengan ibu kota New Delhi pertama kali ditemukan pada 3300 SM. Sedangkan penduduk asli pertama negara tersebut di mulai pada Periode Veda 1500-600 SM.

Periode peradaban Veda menjadi titik awal penyebaran dasar Hindu sebagai aspek kehidupan keagaamaan dan kebudayaan di India. Sampai saat ini pemeluk agama Hindu terbesar berada di India, bahkan jumlahnya mencapai 1,05 miliar. Sedangkan jumlah penduduknya per data 2020 sekitar 1,38 miliar.


Halaman :