About Bali

Asal-Usul Kampung Muslim Gelgel yang Dulunya Dihuni 40 Prajurit Majapahit

 Rabu, 20 September 2023, 21:25 WITA

bbn/tempo.co/Asal-Usul Kampung Muslim Gelgel yang Dulunya Dihuni 40 Prajurit Majapahit.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Desa Gelgel, Klungkung menyimpang sejarah desa Islam tertua di Bali. Meski terdiri dari berbagai lintas agaman penduduknya hidup rukun.

Menilik sejarahnya ratusan silam, dari Gelgel inilah syiar Islam menyebar di Bali. Gelgel dulunya pernah dihuni oleh 40 prajurit Muslim Kerajaan Majapahit.

Dilansir laman resmi Desa Kampung Gelgel, masa Pemerintahan Dalem Ketut Ngelesir sebagai Raja Gelgel I (1380–1460 ), Raja Bali pernah berkunjung ke Keraton Majapahit saat Raja Hayam Wuruk mengadakan konferensi kerajaan-kerajaan di seluruh Nusantara.

Kemudian ketika Dalem Ketut Ngelesir kembali ke Bali, sang raja dikawal oleh 40 prajurit Muslim Majapahit. Sampai di Bali, 40 pengawal dari Majapahit tersebut diberi hadiah dan tempat tinggal di Gelgel.

Sebagian dari prajurit itu ada yang kembali ke Pulau Jawa dan ke bagian timur. Sisanya menetap di Gelgel. Penduduk Gelgel yang Islam mengakui asal-muasal mereka dari Tanah Jawa, keturunan prajurit Majapahit.

Kemudian dalam cerita lainnya, salah seorang Raja Gelgel yang terkenal adalah Dalem Waturenggong yang memerintah dari tahun 1480 - 1550. Pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong, pulau Bali tidak lagi di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending