About Bali

5 Jenis Baju Adat Bali: Nama, Keunikan dan Makna di Baliknya

 Rabu, 12 Oktober 2022, 23:26 WITA

bbn/Orami.co.id/5 Jenis Baju Adat Bali: Nama, Keunikan dan Makna di Baliknya

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Bali memiliki kepopuleran tersendiri sebagai salah satu provinsi di Indonesia, termasuk ornamen pada baju adat yang dimilikinya. Sudah tahu apa saja baju adat Bali.

Dikutip dari Diskominfos Provinsi Bali, ternyata saat menggunakan baju adat Bali, terdapat aturan yang utamanya memperhatikan kerapian dan keindahan. Aturan ini terutama berlaku bagi wanita. 

Dalam budaya Bali, wanita yang rambutnya disanggul menunjukkan ciri khas bahwa dirinya sudah dewasa (atau misalnya sudah menikah), serta memberikan identitas sebagai seorang wanita dari Bali.

Jenis-jenis baju adat Bali



Dikutip dari buku Ensiklopedi Pakaian Nusantara: Aceh hingga DI Yogyakarta karya R. Toto Sugiarto, dkk, baju adat Bali pria dan wanita memiliki ciri khas saat digunakan di acara-acara tertentu. Misalnya, saat melakukan ritual keagamaan.

Berikut ulasan tentang jenis-jenis baju adat Bali:

1. Baju Payas Agung

Baju adat Bali yang disebut Payas Agung adalah baju adat lengkap dan mewah, yang biasanya digunakan oleh pengantin Bali. Ya, jika digunakan saat pernikahan, pakaian Payas Agung memiliki warna cerah, yang melambangkan kebahagiaan bagi calon mempelai.

Paling unik, baju adat Bali bernama Payas Agung ini memiliki perbedaan antar daerah di Provinsi Bali. Misalnya saja Payas Agung adat Medeeng Singaraja (Buleleng) akan berbeda dengan adat Asak Karangasem.

2. Baju Payas Madya

Bukan cuma untuk masyarakat asli Bali, baju adat Payas Madya juga harus digunakan pada wisatawan saat hendak memasuki kawasan tertentu yang dianggap suci oleh warga setempat.


Halaman :





Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.