News

Ramai-Ramai Eks Pimpinan KPK Desak Firli Bahuri Dicopot

 Selasa, 11 April 2023, 23:01 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Ramai-Ramai Eks Pimpinan KPK Desak Firli Bahuri Dicopot

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sejumlah mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama aktivis menggelar aksi unjuk rasa pada Senin kemarin (11/4). Mereka menyuarakan pencopotan Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK.

Mereka menyuarakan itu di depan Gedung KPK, Jakarta Selatan buntut sejumlah masalah yang muncul hingga diketahui publik dalam beberapa waktu terakhir.

Para mantan petinggi KPK yang ikut serta dalam aksi unjuk rasa antara lain Abraham Samad, Saut Situmorang dan Bambang Widjojanto serta eks Penyidik Novel Baswedan.

"Copot Firli!" seru Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII) Usman Hamid saat orasi yang dijawab 'copot!' oleh puluhan peserta aksi lainnya.

Usman menyebut KPK tengah mengalami masa suram karena dilemahkan tidak lagi dari luar melainkan oleh pimpinannya sendiri. Menurutnya, hal tersebut tidak bisa ditoleransi.

"Kita ingin menyatakan kembali bahwa KPK tengah mengalami pelemahan bahkan pembusukan. Sayangnya jika pada masa-masa yang silam kita menyaksikan KPK mengalami penyerangan eksternal, hari ini ia juga mengalami pembusukan dari pimpinan KPK itu sendiri," ucap Usman.

Usman mengatakan aksi unjuk rasa tersebut merupakan bentuk penegasan bahwa KPK harus diselamatkan. Ia tidak ingin membiarkan KPK dihancurkan baik dari luar maupun dari dalam.

Sementara itu, Abraham Samad dan Saut Situmorang hingga Bambang Widjojanto resmi melaporkan dugaan pelanggaran kode etik Firli ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Salah satu alasan mereka membuat laporan terkait dugaan dokumen hasil penyelidikan KPK di Kementerian ESDM yang bocor diduga melibatkan Firli.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending