News

Penjelasan BMKG Soal Viral Cahaya Misterius di Langit Yogyakarta

 Sabtu, 16 September 2023, 00:47 WITA

bbn/suara.com/Penjelasan BMKG Soal Viral Cahaya Misterius di Langit Yogyakarta.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Cahaya misterius terlihat melintas di beberapa wilayah di Yogyakarta pada Kamis (14/9/2023) malam tadi viral di media sosial. Informasi itu disebarkan oleh akun @merapi_uncover pada Kamis malam pukul 11.26 WIB.

Disebutkan bahwa di langit terlihat cahaya misterius berwarna merah kekuningan. Cahaya yang terbang disertai semburat itu meluncur dari langit selatan menuju ke arah utara.

Sejumlah warga di beberapa wilayah Yogyakarta sempat mengabadikan momen tersebut. Pasalnya cahaya misterius tersebut terlihat dari di wilayah Sleman hingga Kulon Progo.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono mengaku pihaknya tidak melakukan pengamatan secara langsung terkait fenomena itu. Namu memang diduga cahaya itu merupakan meteor atau kerap disebut bintang jatuh.

"Kalau pengamatan langsung dari BMKG kita belum ada ya tapi untuk melihat dari kejadian itu, itu adalah sebuah meteor yang jatuh atau istilahnya bintang jatuh," kata Warjono saat dihubungi, Jumat (15/9/2023).

Disampaikan Warjono, tidak diketahui lokasi secara pasti jatuhnya benda luar angkasa tersebut. Namun biasanya meteor itu kemungkinan besar sudah habis sebelum memasuki bumi.

"Iya yang masuk ke atmosfer. Kalau untuk pengamatan langsung kami enggak ada tapi dari media sosial yang kami lihat itu adalah benda langit yang jatuh, meteor atau bintang jatuh yang terlihat, biasanya benda ini enggak sampai di bumi, biasanya sudah habis," terangnya. 

Menurutnya fenomena ini merupakan hal yang biasa terjadi. Namun memang tidak semua orang berkesempatan melihat secara langsung mengingat kejadian yang cepat.

"Ya wajar aja sih kalau bintang jatuh itu, memang biasa kelihatan besar. Hal yang biasa lah kalau meteor," tandasnya.  (sumber: suara.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending