News

Roah, Tradisi Makan Bersama Pasca-Konflik di Mareje

 Kamis, 19 Mei 2022, 12:45 WITA

beritabali/ist/Roah, Tradisi Makan Bersama Pasca-Konflik di Mareje.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Memperkuat tali persaudaraan warga di desa Mareje, Lombok Barat yang sempat berseteru di malam takbiran pada Lebaran, Minggu (1/5) lalu, Pemda setempat menggelar acara beritabali.com/index.php/tag/tradisi-Roah">beritabali.com/tag/tradisi-Roah">tradisi Roah di lapangan SMPN 3 Lembar, Rabu (18/5). 

Roah yakni tradisi yang diisi dengan masak bersama dan makan bersama dari dua kelompok warga ini.

"Roah bersama, jadi  yang meriap (memasak) itu dua-duanya, kita makan bersama-sama," kata H Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat (Lobar), di sela acara berlangsung.

Bupati Fauzan mengatakan, konflik yang terjadi di malam takbiran hingga berujung pembakaran sejumlah rumah warga tersebut, terjadi karena miskomunikasi. Juga karena adanya hasutan dan berita tak benar, provokasi di media sosial. 

Khalid mengajak masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan kedamaian di wilayah Lombok Barat dan Nusa Tenggara Barat. Ia meminta agar masyarakat tetap menjaga beritabali.com/tag/kerukunan">kerukunan dalam menjalankan kehidupan. Agar semakin maju dan berkembang. 

"Marilah kita menjaga kedamaian dan beritabali.com/read/2021/04/29/202104300011/dandim-1619-tabanan-bertemu-tokoh-agama-tekankan-jaga-beritabali.com/tag/kerukunan">kerukunan">beritabali.com/tag/kerukunan">kerukunan agar kita bisa sejahtera," ujarnya. 

Bupati dua periode menambahkan, bahwa acara masak bersama dan makan bersama hari ini merupakan simbol beritabali.com/tag/kerukunan">kerukunan di tengah tengah masyarakat yang dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari.

"Tentu ini seperti yang tertuang dalam ikrar "Sopoq Tundun yang dipandu wali paer Lombok Barat tadi," ujarnya.

Kepala Desa Mareje, H Muhsim Salim mengungkapkan, Pemerintah Desa Mareje bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat menggelar Gawe Rapah. 

"Thema kegiatan "Kita Semua Bersaudara dan Damai Marejeku,"  kata Kades. 


Halaman :