News

Alasan Jokowi Tak Disambut Pejabat Top AS di Washington

 Jumat, 13 Mei 2022, 10:45 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Alasan Jokowi Tak Disambut Pejabat Top AS di Washington

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Kunjungan beritabali.com/index.php/tag/Presiden-Joko-Widodo">beritabali.com/tag/Presiden-Joko-Widodo">Presiden Joko Widodo ke beritabali.com/tag/Amerika-Serikat">Amerika Serikat pada Selasa pekan ini ramai diperbincangkan. Salah satunya lantaran orang nomor satu di Indonesia itu tidak disambut pejabat Negeri Paman Sam saat tiba di Pangkalan Militer Andrews.

Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan itu bukan hal yang luar biasa. Sebab, menutur Faizasyah kunjungan Presiden Jokowi ke Washington D.C kali ini adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS, bukan kunjungan bilateral.

"Kunjungan Presiden RI ke Washington DC bukan kunjungan bilateral, namun dalam rangka hadiri ASEAN-US Special Summit," kata Faizasyah.

"Sangat disayangkan mengambil kesimpulan tanpa paham situasi sebenarnya," lanjut Faizasyah menanggapi sejumlah pemberitaan yang mempersoalkan Jokowi tak disambut pejabat AS saat tiba di Washington D.C.

Dalam aturan protokoler, kunjungan pejabat bukan untuk pertemuan bilateral seperti menghadiri konferensi memang tidak ada penyambutan khusus dari salah satu pejabat tinggi negara tuan rumah. Meski begitu, tamu negara tetap mendapat pengamanan ketat sesuai protokol kenegaraan.

Sebagaimana diberitakan Sekretariat Kabinet RI, Presiden Jokowi dan istrinya, Iriana, disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk AS, Rosan Roeslani, saat tiba di Negeri Paman Sam.

Setelah menempuh kurang lebih 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, pesawat beritabali.com/read/2022/05/04/202205040056/garuda-kembali-layani-penerbangan-umrah-dari-makassar">beritabali.com/tag/Garuda-Indonesia">Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang ditumpangi Jokowi mendarat di bandara militer beritabali.com/tag/Amerika-Serikat">Amerika Serikat, Pangkalan Militer Andrews.

Jokowi bakal mengikuti agenda kunjungan kerja sejak Rabu (11/5) hingga Jumat (13/5). Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan tersebut antara lain, pertemuan dengan anggota Kongres, pertemuan dengan para CEOs besar Amerika, pertemuan dengan Wapres AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim AS, dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.


Halaman :





Trending