News

67 STT di Buleleng Ramaikan Lomba Ogoh-Ogoh Provinsi 2023

 Kamis, 02 Maret 2023, 04:39 WITA

beritabali/ist/67 STT di Buleleng Ramaikan Lomba Ogoh-Ogoh Provinsi 2023.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Kreativitas seni Pasikian Yowana Buleleng dalam hal pembuatan ogoh-ogoh memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, antusiasme tersebut terlihat dengan terdaftarnya 67 Sekehe Teruna Teruni (STT) di Buleleng dalam perlombaan ogoh-ogoh yang dihelat oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa, (28/2), Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng, Nyoman Wisandika menerangkan jika setelah resmi ditutup pendaftaran lomba pada 22 Februari lalu, animo dari para Yowana Buleleng sangat diapresiasi olehnya dalam mengikuti perlombaan yang akan dinilai di tingkat kecamatan sesuai jadwal dari tanggal 1 - 10 Maret 2023.

Setelah mendapatkan kelompok STT 3 terbaik di masing-masing kecamatan, akan dilanjutkan pada proses penilaian di tingkat Kabupaten/Kota untuk dinilai menjadi 3 terbaik dan akan dikirim ke tingkat provinsi sebagai perwakilan Kabupaten Buleleng.

"Dari 3 terbaik dari 9 kecamatan yang jumlahnya 27 ogoh-ogoh itu, akan dinilai kembali di tingkat Kabupaten/Kota menjadi 3 terbaik untuk menerima hadiah di provinsi, jadi ini dilombakan hanya di tingkat Kabupaten/Kota saja," jelasnya.

Adapun poin dari penilaian ogoh- ogoh  yaitu dari segi estetika, etika, dan religius yang sudah ditentukan pada rapat koordinasi sebelumnya di tingkat provinsi.

Di akhir, Kadis Wisandika berharap dengan adanya lomba ini diharapkan dapat memicu semangat generasi muda berkreativitas dalam hal seni dengan melahirkan ciri khas baru di masing-masing daerahnya sebagai warna baru seni bidang ogoh-ogoh di Buleleng, selain sebagai ajang pelestarian budaya kita di Bali dan Buleleng pada khususnya.

"Karena kita tahu dengan memiliki 169 desa adat di Kabupaten Buleleng pasti sudah memiliki ciri khas yang menjadi keunikan tersendiri, dan hal tersebut yang kita harapkan pada pelaksanaan lomba tahun ini,"harapnya.

Untuk diketahui, daftar jumlah dari masing- masing STT yang sudah mendaftar di tingkat kecamatan yaitu Kecamatan Buleleng sebanyak 15 peserta, Kecamatan Sawan sebanyak 3 peserta, Kecamatan Sukasada sebanyak 10 peserta,  Kecamatan Busungbiu sebanyak 5 peserta, Kecamatan Gerokgak sebanyak 10 peserta, Kecamatan Tejakula sebanyak 8 peserta, Kecamatan Kubutambahan sebanyak 5 peserta, Kecamatan Seririt sebanyak 6 peserta, dan Kecamatan Banjar sebanyak 5 peserta. 

Penulis : bbn/rls

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending