News

Cyril Ramaphosa Dilantik Jadi Presiden Afrika Selatan 3 Periode

 Kamis, 20 Juni 2024, 07:35 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Cyril Ramaphosa Dilantik Jadi Presiden Afrika Selatan 3 Periode

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Cyril Ramaphosa akan kembali dilantik menjadi presiden Afrika Selatan untuk ketiga kalinya pada hari ini, Rabu (19/6) usai gonjang-ganjing politik di negara tersebut.

Ramaphosa akan dilantik di hadapan parlemen, para diplomat, pejabat asing, pemimpin agama dan adat, serta pihak dari pusat pemerintahan.

Kepresidenan Afsel menyatakan hampir 20 kepala negara dan pemerintahan memberi konfirmasi untuk hadir di acara pelantikan Ramaphosa. Sejumlah negara seperti China, Mesir, Kuba, Zimbabwe, hingga Palestina akan diwakili pejabat tingkat tinggi.

Upacara tersebut akan mencakup pertunjukan musik dan seni, serta tembakan penghormatan.

Ramaphosa dilantik usai berhasil mengantongi suara mayoritas di parlemen pekan lalu. Voting digelar karena pemilu tak menghasilkan pemenang langsung.

Pemilu di Afsel berlangsung pada Mei. Warga memilih anggota Majelis Nasional dan badan legislatif negara bagian.

Namun dalam pemilu itu, partai Ramaphosa, Kongres Nasional Afrika (ANC), hanya mendapat sekitar 40 persen suara. Untuk pertama kalinya sejak 1994, partai ini gagal meraih suara mayoritas.

Angka itu juga tak cukup mengantar Ramaphosa ke kursi kepresidenan. Untuk bisa menjabat sebagai pemimpin negara, partai harus memiliki lebih dari 50 persen suara parlemen.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending