News

823 ODGJ di Tabanan, Ini Penyebab Dominannya

 Sabtu, 14 Mei 2022, 10:40 WITA

beritabali/ist/823 ODGJ di Tabanan, Ini Penyebab Dominannya.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Meski dikenal sebagai wilayah yang relatif tenang dan tidak memiliki tekanan sosial yang tinggi, tapi jumlah penderita gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Tabanan mencapai seribuan orang. Khusus ODGJ berat, mencapai 823 orang.

“Kecamatan Kediri yang paling bayak,” ujar staf bagian kesehatan jiwa, Dinas Kesehatan Tabanan, Wayan Supeneca, Jumat (13/5).

Tiga penyebab utama gangguan jiwa di Tabanan yang paling dominan adalah, soal ekonomi, keluarga hingga faktor keturunan. Selain itu, ada faktor ODGJ yang tidak teratur minum obat sehingga penyakitnya kambuh lagi. 

“Kami juga punya program kunjungan ke rumah pasien, untuk memastikan pasien minum obat secara teratur. Sudah berjalan 83 persen selama massa pandemi,” ujarnya. 

Selain Kecamatan Kediri, Kecamatan Kerambitan dan Baturiti juga memiliki jumlah ODGJ yang lumayan banyak. Hampir mendekati seratusan orang. 

Tapi, Wayan Supeneca mengatakan, Tabanan memiliki sistem penanganan ODGJ yang baik jika dibandingkandengan kabupaten lain di Bali. Penanganan orang dengan gangguan jiwa lintas sektor atau dinas telah dilakukan. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending