Ekbis

Bali Jadi Pusat Pengembangan Teknologi AI di Indonesia

 Sabtu, 15 Juni 2024, 21:27 WITA

beritabali/ist/Bali Jadi Pusat Pengembangan Teknologi AI di Indonesia.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Sebuah pusat pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan di Indonesia akan segera dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali.

Hal ini disampaikan President of University In Diversity (UID) Tantowi Yahya dalam Seminar Artificial Intelligence yang digelar Akademi Beritabali.com bersama UID Campuss bertajuk Penerapan AI pada Industri dan Pemerintahan di Denpasar, Sabtu (15/6/2024).

“Segera secepatnya (dibangun), saya rasa cepat sekali waktunya karena kalau kita lambat teknologinya sudah jauh tapi kita baru mulai jadi harus bergerak terus dengan apa yang sudah ada,” kata Tantowi. 

Tantowi mengatakan pusat pembelajaran bagi teknologi kecerdasan buatan ini tepat untuk dibangun di KEK Kura-kura Bali. Sebab, sejak awal diresmikan pemerintah, kawasan di Pulau Serangan ini dirancang untuk tiga klaster yaitu lokasi tinggal, belajar dan gaya hidup.

Terkait pendidikan, saat ini sudah terdapat Kampus UID yang dipimpin Tantowi Yahya sebagai pusat pembelajaran dan merealisasikan berbagai kerja sama dengan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri.

Selanjutnya akan dikembangkan lagi pusat studi ilmu-ilmu baru seperti ilmu genomik dan pusat AI, mengingat kerja sama dengan perguruan tinggi asing yang kompeten sudah terbangun sejak awal.

“Kami sudah menjalin kerja sama dengan Tsinghua University yang sangat unggul di bidang ilmu baru berbasis digital dan AI, sehingga mimpi besar kami ingin membangun pusat AI,” ujar mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru itu.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending