News

AS Kutuk Serangan Iran ke Irak, Suriah, Hingga Pakistan

 Jumat, 19 Januari 2024, 02:27 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/AS Kutuk Serangan Iran ke Irak, Suriah, Hingga Pakistan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Amerika Serikat (AS) mengutuk serangan Iran ke Pakistan, Irak, dan Suriah karena telah melanggar kedaulatan tiga negara tersebut.

"Jadi kami mengutuk serangan tersebut. Kami telah melihat Iran melanggar perbatasan kedaulatan tiga negara tetangganya hanya dalam beberapa hari terakhir," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan, dikutip dari AFP, Kamis (18/1).

Pakistan menarik duta besarnya dari Iran pada Rabu (17/1), dan menghalangi utusan Teheran untuk kembali ke Islamabad setelah serangan udara yang diklaim menewaskan dua anak di bagian barat negara itu.

Serangan itu terjadi Selasa malam setelah serangan serupa di Irak dan Suriah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Mumtaz Zahra Baloch menyebut serangan di dekat perbatasan kedua negara itu "tidak beralasan" dan merupakan pelanggaran kedaulatan Pakistan.

Kantor berita Iran Mehr News mengatakan serangan "misil dan drone" menargetkan markas besar Jaish al-Adl di Pakistan, sebuah kelompok yang dibentuk pada tahun 2012 dan dimasukkan dalam daftar hitam oleh Iran sebagai kelompok teroris.

Jaish al-Adl telah melakukan beberapa serangan di wilayah Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Iran mengatakan serangan rudal lainnya menargetkan "markas mata-mata" dan sasaran "teroris" di Suriah, dan wilayah otonomi Kurdistan Irak.

Serangan tersebut terjadi ketika Timur Tengah diguncang perang Israel dan Hamas di Jalur Gaza, dan serangan oleh pemberontak Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Di Washington, Miller berkata: "Saya pikir agak berlebihan jika, di satu sisi, Iran menjadi penyandang dana utama terorisme di kawasan, penyandang dana utama ketidakstabilan di kawasan, dan di sisi lain, mengklaim bahwa mereka melakukan hal yang sama. perlu mengambil tindakan ini untuk melawan terorisme."(sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending