News

Petani Ini Temukan Patung Dewi Kanaan Berusia 4.500 Tahun

 Selasa, 03 Mei 2022, 10:20 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/Petani Ini Temukan Patung Dewi Kanaan Berusia 4.500 Tahun

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Sebuah patung batu dewi kecantikan, cinta, dan perang kuno telah ditemukan di Jalur Gaza. Para arkeolog Palestina mengatakan bahwa kepala dewi Kanaan bernama Anat itu berasal dari 4.500 tahun yang lalu hingga akhir Zaman Perunggu.

Seorang petani menemukannya saat mencangkul lahannya di Khan Younis, Gaza selatan. Di media sosial, beberapa warga Gaza membuat komentar sinis yang menunjukkan bahwa hubungan dewi itu dengan perang tampaknya tepat.

Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah menyaksikan serangkaian gejolak yang menghancurkan dalam konflik antara Israel dan kelompok-kelompok di Gaza, yang dikuasai oleh Hamas.

Namun, penemuan patung batu kapur ini merupakan pengingat bagaimana Jalur Gaza - yang merupakan bagian dari jalur perdagangan penting bagi peradaban kuno - pada awalnya merupakan pemukiman orang Kanaan.

Patung setinggi 22 cm itu dengan jelas menunjukkan wajah dewi yang mengenakan mahkota ular.

"Kami menemukannya secara kebetulan. Patung dalam kondisi berlumpur dan kami mencucinya dengan air," kata petani Nidal Abu Eid, yang menemukan kepala patung itu saat mengolah ladangnya.

"Kami menyadari bahwa benda itu adalah barang yang berharga, tetapi kami tidak tahu bahwa patung ini memiliki nilai arkeologis yang begitu besar," katanya.

"Kami berterima kasih kepada Tuhan, dan kami bangga bahwa patung itu berada di tanah kami, di Palestina, sejak zaman Kanaan."

Patung Anat - salah satu dewa Kanaan yang paling terkenal - sekarang dipajang di Qasr al-Basha, sebuah bangunan bersejarah yang berfungsi sebagai salah satu dari sedikit museum Gaza.

Tanah Kanaan adalah istilah kuno untuk wilayah yang saat ini meliputi Israel, Palestina, Lebanon, sebagian Yordania, Suriah, dan sebagian kecil Mesir timur laut.


Halaman :





Trending


Fatal error: Uncaught ErrorException: fwrite(): write of 147 bytes failed with errno=28 No space left on device in /home/k3055690/public_html/system/Session/Handlers/FileHandler.php:247 Stack trace: #0 [internal function]: CodeIgniter\Debug\Exceptions->errorHandler(8, 'fwrite(): write...', '/home/k3055690/...', 247, Array) #1 /home/k3055690/public_html/system/Session/Handlers/FileHandler.php(247): fwrite(Resource id #96, '__ci_last_regen...') #2 [internal function]: CodeIgniter\Session\Handlers\FileHandler->write('d855b99d7dc5c00...', '__ci_last_regen...') #3 [internal function]: session_write_close() #4 {main} thrown in /home/k3055690/public_html/system/Session/Handlers/FileHandler.php on line 247