Banner Image
Banner Image

Kesehatan

Sembilan Gejala Awal Diabetes Tipe Dua, Hati-Hati Sering Tak Disadari

 Rabu, 23 November 2022, 04:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sembilan Gejala Awal Diabetes Tipe Dua, Hati-Hati Sering Tak Disadari

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Munculnya diabetes sering kali tak disadari sehingga membuat penanganan jadi terlambat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui sejumlah gejala awal diabetes tipe 2 yang muncul sejak dini. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah di atas batas normal.

Jika tidak dikontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang bisa mengancam nyawa. Diabetes juga dikenal sebagai faktor risiko paling umum dari penyakit jantung.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari penyakit diabetes yang diidapnya. Pasalnya, ada beberapa gejala yang tidak muncul secara spesifik pada masing-masing penderita.

Gejala Awal Diabetes Tipe 2

Menukil Medical News Today, berikut beberapa gejala awal diabetes tipe 2 yang perlu dicermati.

1. Sering buang air kecil

Saat kadar gula darah tinggi, ginjal akan mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya dari darah. Hal tersebut bisa menyebabkan penderita diabetes perlu lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari.

2. Sering merasa haus

Seringnya buang air kecil membuat tubuh kehilangan cairan. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat seseorang merasa lebih haus dari biasanya.

3. Sering lapar

Penderita diabetes sering kali tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanannya. Sistem pencernaan memecah makanan menjadi gula sederhana yang disebut glukosa, yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar. 

Pada penderita diabetes, glukosa ini tidak cukup berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Akibatnya, penderita diabetes sering merasa lapar terus-menerus, walaupun mereka baru saja mengonsumsi makanan.

4. Rasa lelah

Diabetes dapat memengaruhi tingkat energi seseorang dan menimbulkan rasa lelah. Kelelahan pada penderita diabetes terjadi karena gula yang tidak mencukupi untuk bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending