Wisata

Jelang Pungutan Wisman ke Bali, Akademisi Tekankan Pengawasannya

 Rabu, 24 Januari 2024, 22:01 WITA

beritabali/ist/Jelang Pungutan Wisman ke Bali, Akademisi Tekankan Pengawasannya.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Berbagai tanggapan terkait pungutan wisatawan mancanegara (wisman) untuk pariwisata Bali berkualitas disampaikan beberapa narasumber di Seminar Tatanan Baru Kepariwisataan Bali, Selasa, (23/1/2024) di Ruang Aula Nusantara, Gedung Agro Kompleks, Kampus Sudirman Universitas Udayana.

Salah satunya disampaikan, Dekan Universitas Udayana (UNUD), I Wayan Suardana, mengatakan, melalui pungutan ini nantinya sangat diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya khususnya terkait pariwisata Bali berkualitas.

"Mudah-mudahan dengan adanya pungutan ini kita benar-benar bisa mengurangi tekanan itu dengan biaya yang ada kita gunakan sebaik mungkin," jelas 

Suardana menyampaikan, seharusnya pungutan-pungutan dapat kembali dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastruktur kemudian, memfasilitasi budaya-budaya di Bali jadi perlu pengawasan juga.

"Ini harus diawasi penggunaanya. Ini harus betul-betul terarah untuk aktivitas turis, baru kita dapat berbicara kualitas dan bicara berkelanjutan," ujarnya.

Selanjutnya, Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Majelis Desa Adat (MDA) Bali, Gede Nurjaya menyebutkan, Perda 6 Tahun 2023 ada tujuan mulia ingin dicapai dalam rangka perlindungan kebudayaan dan pelestarian alam Bali.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending