Opini

Pengelolaan Limbah Masker Sebagai Alternatif Mitigasi Penularan Covid-19

 Senin, 24 Oktober 2022, 23:02 WITA

beritabali/ist/Pengelolaan Limbah Masker Sebagai Alternatif Mitigasi Penularan Covid-19.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Kasus Covid-19 di Indonesia secara umum dapat dikatakan masih fluktuatif, sehingga perlu kewaspadaan dan tetap mengetatkan protokol kesehatan. 



Guna menjaga penyebaran kasus tetap terkontrol tidak saja membutuhkan upaya untuk mengoptimalkan protokol kesehatan, namun perlu juga memikirkan langkah alternatif mitigasi. Alternatif mitigasi dibutuhkan untuk membantu menekan jumlah kasus, salah satunya dengan pengelolaan masker bekas pakai atau limbah masker. 

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 secara otomatis diikuti dengan peningkatan jumlah limbah yang dihasilkan. Limbah yang dihasilkan dari penanganan kasus Covid-19 untuk di tempat layanan kesehatan, terutama rumah sakit tentunya sudah ada prosedur pengelolaanya. 

Tantanganya adalah pengelolaan limbah masker bekas pakai di rumah tangga dan layanan fasilitas umum. Keberadaan limbah masker ini tidak saja mempengaruhi layanan pengelolaan sampah padat di masyarakat tetapi juga memberikan ancaman pada kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

Kegagalan dalam pengelolaan limbah masker dapat menjadi salah satu faktor pemicu penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat. Dibutuhkan cara inovatif untuk mengelola masker bekas pakai sehingga tidak menjadi sarana penyebaran Covid-19. Pengelolaan masker bekas tidak dapat dijadikan satu dengan sampah karena termasuk dalam limbah berbahaya. 

Kategori berbahaya karena Covid-19 adalah virus pathogen dan dapat menular dengan sangat mudah. Standarisasi, prosedur, pedoman dan penerapan ketat pengelolaan limbah pandemi COVID-19 harus dipertimbangkan dengan cermat untuk mengurangi risiko penyebaran pandemi ke lingkungan tempat tinggal dan tempat umum. 


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending