News

Polda Bali Bekuk Sindikat Bobol ATM Asal Bulgaria

 Rabu, 01 Agustus 2018, 07:35 WITA

beritabalicom foto

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 
Beritabali.com, Denpasar. Tim Opsnal Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Bali mengungkap kasus pembobolan mesin ATM bermodus skimming dengan menangkap pelakunya, seorang warga asing asal Bulgaria, Stefan Ivanov (63).
 
Pria yang tinggal sementara di Jalan Gunung Payung Gang Lantang Sari Denpasar Barat (denbar) ditangkap usai keluar dari RM Laota di jalan Raya kuta, Selasa (31/7) dinihari.
 
Tersangka Stefan Ivanov sudah masuk dalam target operasi, menyusul maraknya aksi pembobolan mesin ATM. Hal ini berdasarkan informasi dari pihak Bank Mandiri, dimana di ATM Mandiri SPBU Kerobokan sering terjadi penarikan uang dengan menggunakan kartu ATM palsu oleh seorang wisatawan asing.
 
Informasi itu ditindak-lanjuti oleh Tim Opsnal Subdit III Jatanras Polda Bali dengan melakukan penyelidikan dari tanggal 17 July dan 30 July 2018 lalu. Memang benar, setelah diselidiki ada penarikan uang yang dilakukan seorang wisatawan asing dengan cara tidak benar.
 
Polisi kemudian melakukan survailance (pembuntutan, red) terhadap pelaku Stefan Ivanov, yang diduga mengambil uang di ATM Mandiri Kerobokan. Usai makan di RM Laota Jalan Raya Kuta, Selasa (31/7) sekitar pukul 02.00 dinihari, polisi langsung mengamankannya.
 
Setelah digeledah, polisi mengamankan barang bukti senjata tajam berupa pisau lipat, 1 buah Air Softgun, palu, 1 unit motor Aerox warna merah DK 4329 AAK dan uang tunai Rp. 51.300.000.
 
Kemudian, 98 buah kartu ATM putih palsu, 1 buah kabel plexibel, 1 buah SIM Internasional, 1 buah rauter (alat skiming), 5 buah flasdisk, 3 buah kunci pemberian orang Rusia, 9 buah kartu debit dan kredit, 2 buah struk penarikan ATM, 1 buah laptop merk ASUS warna Silver, 6 buah buku tabungan BCA, berbagai buku tabungan Bank (Mandiri-BNI-BTN), 2 buah hardisk, 1 buah charger laptop, dan beberapa HP berbagai merek dan 1 buah kompek warna hitam.
 
Setelah diinterograsi, tersangka Stefan mengaku sudah beraksi melakukan penarikan uang di beberapa ATM. Diantaranya, ATM Mandiri SPBU Kerobokan Kuta, ATM Mandiri KCP Denpasar Kerobokan Kuta, ATM Mandiri Sunset Point Kuta, ATM BNI Sunset Point Kuta, ATM BRI Sunset Point. Kuta, dan ATM Mandiri SPBU Dewi Kunti Kuta.
 
Kabid Humas Polda Bali Kombespol Hengky Widjaja mengatakan, tersangka Stefan Ivanov sudah diamankan anggota Ditreskrimum Polda Bali dan tengah menjalani pemeriksaan. Diterangkannya, dalam kasus ini diduga ada keterlibatan pelaku lain yakni warganegara Rusia.
 
“Dari pengakuan tersangka Stefan dia mengenal warganegara Rusia itu dan masih kami dalami keberadaannya,” tegas perwira melati tiga dipundak itu. [bbn/Spy/psk]

Penulis : bbn/bgl



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending