Ekbis

Luhut Soal Pembangunan LRT di Bali: Awal Tahun Depan Ground Breaking

 Kamis, 28 September 2023, 01:17 WITA

bbn/dok cnbcindonesia/Luhut Soal Pembangunan LRT di Bali: Awal Tahun Depan Ground Breaking.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan proyek LRT di Bali akan mulai dibangun tahun depan.

"Kita harap ground breaking early next year, awal tahun depan kita bisa ground breaking karena itu studinya udah lama dilakukan, tapi karena terbentur covid tadi kita hidupkan lagi," ungkap Luhut di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Proyek LRT di Bali nantinya akan dibangun untuk mempermudah akses ke Bandara International I Gusti Ngurah Rai.

"Karena kalau tidak dilakukan itu tahun 2026 itu Aiport Ngurah Rai akan stuck karena penumpang akan 24 juta pada waktu itu," imbuhnya.

Luhut pun menyebut Presiden Joko Widodo setuju dengan proyek ini. Jokowi meminta studi dilanjutkan untuk menentukan perpanjangan trase. Menurut Luhut, ada kemungkinan trase LRT di Bali diperpanjang dari Bandara Ngurah Rai ke Seminyak sampai Canggu. Sedangkan untuk harga tiket estimasinya dibanderal antara US$ 1 hingga US$ 2 per penumpang.

"Dan tadi presiden juga sudah memutuskan kita lakukan studi lanjutan untuk LRT di Bali dari lapangan terbang sampai ke Seminyak dan kalau perlu nanti terus sampai ke Canggu itu 20 kilometeran, dan nanti kita sedang pertimbangkan memasukkan harga tiket US$ 1, US$ 2, setiap penumpang," jelasnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Ervan Maksum mengatakan pembangunan LRT di Bali sangat penting terutama untuk mempersingkat waktu tempuh dari dan Bandara Ngurah Rai. Dari rencana Bappenas, LRT di Bali akan dibangun di bawah tanah.

Menurut Ervan, ada banyak aturan pembangunan di Pulau Bali yang mesti dihormati. Di antaranya adalah bangunan yang tidak boleh tinggi dan juga tidak boleh menggusur pura. Maka dari itu, pembangunan LRT di bawah tanah nampaknya menjadi solusi yang tepat untuk diambil.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Ekbis Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending