Hukrim

Insiden Nyepi Sumberklampok Naik ke Penyidikan, Ketua PHDI Bali Diperiksa

 Jumat, 15 September 2023, 06:53 WITA

beritabali/ist/Insiden Nyepi Sumberklampok Naik ke Penyidikan, Ketua PHDI Bali Diperiksa.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Setelah cukup lama dilakukan penyelidikan oleh Polres Buleleng terhadap kasus insiden Nyepi Desa Sumberkelampok, ada kabar bahwa penyidik sudah meningkatkan kasusnya ke tahap penyidikan. 

Dan Rabu dan Kamis (13 dan 14 September 2023), penyidik memeriksa masing-masing Ketua PHDI Bali I Nyoman Kenak, SH dan diperiksa selaku Ahli, Made Suastika Ekasana, SH, S.Ag, M.Ag, seorang akademisi dari Universitas Hindu Indonesia I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. 

Insiden Nyepi pada 22 Maret 2023 viral di media sosial dan menimbulkan polemik dan protes umat Hindu di Bali, dimana beberapa orang warga menerobos dan membuka paksa portal yang menutup akses keluar desa dari Desa Sumberkelampok, pada hari suci Nyepi, 22 Maret 2023. Hadir mendampingi pemeriksaan tersebut, sejumlah pengurus dan Tim Hukum PHDI Bali, seperti Putu Wirata Dwikora, SH, I Wayan Sukayasa, SH, I Ketut Artana, SH, MH, Agung Kesumajaya, SH, MH, I Wayan Wenen, SH., MH. 

PHDI Bali maupun Tim Hukum PHDI Bali menyampaikan apresiasi kepada Polres Buleleng maupun Polda Bali, yang telah memproses pengaduan masyarakat dari Desa Sumberkelampok ini sejak Maret sampai September ini dan meningkatkannya ke tahap penyidikan. 

Seperti terungkap dan viral di media sosial, pada hari suci Nyepi 22 Maret 2023, sekelompok orang terlihat adu mulut dengan pecalang Bali yang mengenakan pakaian adat Bali. Sekelompok orang tersebut membuka paksa portal penutup akses kendaraan keluar Desa Sumberkelampok, dengan melontarkan kata-kata dan sikap mengabaikan peringatan oleh para pecalang. Dalam video yang viral, orang berbaju kaos terdengar melontarkan kata-kata:

"Ini saya mau demo, tolong buka ini, saya minta tolong, saya mau buka ini, saya mau mencoba mau membuka, saya mau mencoba membuka, ini saya mau demo, karena tidak musim lagi untuk demo, hargai masyarakat…..ayo satu per satu masuk, tidak ada yang larang, silakan masuk,…..


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending