News

Tuan Rumah GPDRR, Peran Strategis Indonesia di Wilayah "Ring of Fire"

 Senin, 18 April 2022, 17:05 WITA

beritabali/ist/Tuan Rumah GPDRR, Peran Strategis Indonesia di Wilayah

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR – Global Platform for Disaster Risk Reduction (beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR) adalah forum multi-pemangku kepentingan dua tahunan yang diinisasi oleh beritabali.com/index.php/tag/beritabali.com/tag/PBB">PBB">beritabali.com/tag/PBB">PBB untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan penanggulangan risiko bencana. 

Indonesia mendapatkan kepercayaan besar sebagai tuan rumah beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR ke-7 di Pulau Dewata Bali pertengahan tahun ini. 

Secara garis besar, nilai strategis dari perhelatan multinasional beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR adalah untuk meningkatkan public awareness mengenai pentingnya Pengurangan Risiko Bencana. Indonesia selalu berperan secara aktif dalam konferensi kebencanaan internasional sejak tahun 2009. 

Global Platform for Disaster Risk Reduction (beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR) adalah forum multi pemangku kepentingan dua tahunan yang diinisiasi oleh beritabali.com/tag/PBB">PBB untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan dalam Penanggulangan Risiko Bencana. 

Tidak ada satu pun negara yang dapat menghadapi sendiri dampak dari bencana, karenanya kerja sama internasional memainkan peranan yang sangat penting dalam upaya pengurangan risiko dan penanggulangan bencana baik di tingkat global, regional, nasional, dan lokal. 

Pada perhelatan beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR Tahun 2019 lalu, Indonesia memaparkan kepada dunia tentang tantangan dan risiko bencana tersebutlah yang telah membentuk kebijakan Indonesia di bidang kebencanaan yang inklusif, berperspektif pembangunan, dan ditempatkan sebagai investasi.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Wiryanta menjelaskan forum beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR 2022 merupakan ajang kolaborasi tangguh bencana. 

Indonesia dan seluruh negara di dunia akan membahas pentingnya mitigas dan pengurangan risiko bencana dalam upaya mencapai ketangguhan bencana dan pembangunan yang berkelanjutan. 

beritabali.com/tag/GPDRR">GPDRR harus menghasilkan sebuah panduan pelaksanaan terhadap pengurangan risiko bencana, karena itu sangat penting bagi Indonesia. Apalagi kita berada di beritabali.com/tag/ring-of-fire">ring of fire, lebih rentan terhadap bencana seperti gunung meletus dan gempa bumi” ujar Wiryanta. 


Halaman :