News

52 Kasus DBD di Karangasem Sepanjang April

 Rabu, 24 April 2024, 21:55 WITA

beritabali/ist/52 Kasus DBD di Karangasem Sepanjang April.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem mencatat 240 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Karangasem sepanjang tahun 2024 ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama kepada wartawan, Rabu (24/4/2024) mengatakan, kasus DBD di Karangasem mulai melonjak sejak bulan Maret 2024 lalu mencapai 106 kasus. 

Jumlah tersebut melesat cukup signifikan jika dibandingkan kasus pada bulan Januari sebanyak 25 kasus dan bulan Februari sebanyak 57 kasus DBD

“Ya lonjakan tertinggi terjadi pada bulan Maret, sementara sepanjang bulan April ini tercatat ada 52 kasus. Kemungkinan bisa saja terjdi lonjakan lagi mengingat cuaca masih tidak menentu,” kata Putra Pertama. 

Lonjakan kasus DBD terjadi diduga akibaf faktor cuaca yang kadang-kadang panas kemudian hujan deras. Sehingga menyebabkan nyamuk aedes aegypti berkembang dengan cepat. Selain itu juga ditambah dengan lingkungan yang kurang sehat akibat masih minimnya kesadaran dari masyarakat terkait bahaya DBD.

Namun demikian, pihaknya sudah berupaya melakukan antisipasi untuk dapat mengendalikan vektor agar nyamuk tidak sampai berkembang biak lebih banyak lagi dengan cara melakukan pemberantasan sarang nyamuk hingga melakukan fogging di lokasi yang masyarakatnya terkena DBD serta inten sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan kasus.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending