News

Usai Bule Bugil, Pemilik Puri Saraswati Gelar Guru Piduka saat Tumpek Landep

 Sabtu, 27 Mei 2023, 03:39 WITA

bbn/net/Usai Bule Bugil, Pemilik Puri Saraswati Gelar Guru Piduka saat Tumpek Landep.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Kejadian warga negara asing (WNA) Jerman yang telanjang saat pentas tari pada Senin malam lalu mendapat perhatian dari pihak Puri Saraswati Ubud. 

Pihak Puri sudah menggelar upacara pembersihan malam itu juga. Dan akan dilanjutkan dengan upacara yang lebih besar saat Tumpek Landep pada Sabtu mendatang, 3 Juni 2023.

Hal itu dikemukakan oleh pemimpin Puri Saraswati Ubud, Tjokorda Ngurah Suyadnya yang dikenal luas dengan panggilan Cok Wah. “Usai pentas menari itu, kami sudah melakukan pembersihan oleh pemangku,” ujar Cok Wah, Jumat (26/5).Dikatakannya, upacara itu dimaksudkan karena turis bugil itu nekat naik ke tangga Kori lalu membuka pintu Kori yang selama ini disakralkan. “Pintu Kori itu hanya dibuka saat hari tertentu khusus untuk kegiatan keagamaan. Misalnya mundur Ida Batara,” jelasnya.

Tatkala ada pentas menari, para seniman hanya lewat pintu samping kori. Dimana pintu samping itu ada dua. Jadi penari keluar masuk dari pintu samping.

Menurut Cok Wah, dalam waktu dekat, yakni Sabtu awal bulan Juni, tepatnya 3 Juni kembali digelar upacara yang lebih besar lagi untuk menetralisir pengaruh buruk. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending