News

Tanda-tanda Alam Saat Tradisi Bau Nyale di Pantai Lombok Selatan Dimulai

 Jumat, 10 Februari 2023, 21:41 WITA

beritabali/ist/Tanda-tanda Alam Saat Tradisi Bau Nyale di Pantai Lombok Selatan Dimulai.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Perayaan Bau Nyale (mencari cacing laut) di pulau Lombok bagian selatan sudah dimulai sejak Kamis (9/2). Dan puncaknya Bau Nyale akan dilaksanakan subuh, 10 Februari 2023. Bau Nyale ditetapkan menjadi agenda event pariwisata nasional. 

Warga beramai-ramai turun ke laut mencari cacing laut, yang dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika. 

Warga membawa sorok atau jaring alat tangkap nyale (cacing laut). Ada yang membawa sorok dari rumah. Dan ada juga membeli sorok yang dijual di sekitar pantai lokasi Bau Nyale. Menjadi berkah bagi pedagang sorok, panen penjualan. 

Nyale yang muncul pada Kamis(9/2) hari berjenis penyamo, atau nyale pembuka. Setelah nyale penyamo, selanjutnya akan datang nyale penetar atau nyale solah (cacing bagus).

Datangnya nyale dengan melihat tanda-tanda alam, seperti hujan yang terus turun belakangan hari.

Sebelum perayaan Bau Nyale dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah melakukan Sangkep Warige atau penentuan tanggal Bau Nyale di Desa Adat Ende pada Rabu (11/1/2023) lalu.

Sangkep Warige sendiri merupakan musyawarah yang dilakukan oleh para pemangku adat, budayawan, penghayat budaya Suku Sasak dan pemangku kebijakan untuk menentukan hari baik dalam melakukan sebuah acara.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami








Trending