News

Pangeran MbS-Xi Jinping Makin Mesra di Tengah Keretakan AS-Saudi

 Senin, 05 Desember 2022, 20:35 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Pangeran MbS-Xi Jinping Makin Mesra di Tengah Keretakan AS-Saudi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Cina Xi Jinping bakal bertemu dengan sejumlah pemimpin Arab, termasuk Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), di Riyadh. Pertemuan itu direncanakan dalam rangka konferensi tingkat tinggi (KTT) negara-negara Arab dan Cina pada 9 Desember mendatang.

Agenda KTT Arab-Cina digelar di tengah retaknya hubungan Amerika Serikat dan Saudi buntut kebijakan energi Saudi dan tekanan Washington kepada kerajaan untuk ikut mengisolasi Rusia. Sejumlah pengamat menilai pertemuan antara Cina dan negara-negara Arab itu dilakukan untuk membahas tatanan global yang telah terpolarisasi.

"Riyadh bekerja sesuai dengan perhitungan strategis yang harus mengakomodasi Beijing, karena sekarang [Cina] merupakan mitra ekonomi yang sangat diperlukan," kata Ayham Kamel, kepala Timur Tengah dan Afrika Utara di Eurasia Group, seperti dikutip Reuters.

Pengamat menilai Riyadh sedang memetakan kebijakan luar negeri yang mampu memenuhi transformasi ekonomi nasionalnya di tengah hubungan yang makin buruk dengan AS.

"Tentu saja ada risiko memperluas hubungan dengan Cina bisa jadi bumerang dan mengarah pada perpecahan (lebih lanjut) dalam hubungan AS-Saudi. Tetapi MbS tentu saja tidak melakukan ini karena alasan dendam," kata Kamel.

Hubungan AS dan Saudi sendiri memang memburuk beberapa waktu terakhir. Kerenggangan tersebut terjadi setelah AS merilis laporan pelanggaran hak asasi manusia yang menyeret nama MbS atas kematian jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.