Wisata

Air Terjun Canging, Hidden Gem di Desa Sambangan Buleleng

 Minggu, 03 Desember 2023, 02:50 WITA

beritabali/ist/Air Terjun Canging, Hidden Gem di Desa Sambangan Buleleng.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Jika mendambakan sejuknya suasana pepohonan ditemani air terjun dengan panorama megah, Air terjun Canging atau Cangin Waterfall yang terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali bisa menjadi rekomendasinya.

Dari kota Singaraja membutuhkan perjalanan kurang lebih 11 Km dan 24 menit. Walaupun akses jalan yang sedikit ekstrem, tetapi dalam perjalanan akan disuguhkan dengan hamparan sawah dan perkebunan yang asri. 

Dengan bantuan dari pemerintah dan warga setempat untuk memudahkan akses jalan para wisatawan, jalanan yang dulunya dikenal harus melewati jalan tanah dan berkerikil sekarang sudah beraspal dan beton menjadikan perjalanan lebih mudah. 

Walaupun akses jalan yang sudah dipermudah, namun masih membutuhkan kendaraan yang memadai untuk sampai ke tempat tujuan dikarenakan air terjun ini berada di dataran tinggi yang berarti harus melewati tanjakan yang lumayan terjal dan dengan curah hujan yang tinggi membuat jalan beton menjadi berlumut.

Saat pandemi covid-19, Canging Waterfall menjadi terdampak dengan sepinya pengunjung dan kelompok pengelolanya juga dibubarkan. Pengelola utama dari Canging waterfall adalah Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang di dalamnya terdapat kelompok sadar wisata atau Pokdarwis terdiri dari 12 orang yang diketuai oleh Gede Yasa. 

Di tahun 2023 tepatnya bulan Juli lalu, BUMDes ingin membangkitkan kembali Pokdarwis untuk merawat Canging Waterfall yang sempat terbengkalai.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending