Seksologi

Tujuh Manfaat Memakai Kondom Saat Berhubungan, Tak Cuma Cegah Kehamilan

 Minggu, 06 November 2022, 08:25 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tujuh Manfaat Memakai Kondom Saat Berhubungan, Tak Cuma Cegah Kehamilan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Kondom adalah alat kontrasepsi sekali pakai yang digunakan pada alat kelamin pria saat berhubungan seks. Terdapat beragam manfaat memakai kondom saat berhubungan seks.

Selain bisa mencegah kehamilan, kondom berperan penting dalam mencegah risiko terjangkitnya infeksi penyakit menular seksual (IMS) yang bisa membahayakan kesehatan.

Merujuk dari Healthline, di bawah ini terdapat manfaat kondom yang perlu diketahui supaya aktivitas keintiman Anda bersama pasangan lebih aman.

1. Mencegah infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual adalah penyakit yang ditularkan melalui alat kelamin dari kegiatan seks secara vaginal, oral (melalui mulut), atau anal (melalui dubur).

Peluang terjadinya infeksi penyakit tersebut bisa disebabkan karena tidak memakai kondom sama sekali, atau salah dalam memasang kondom.

Supaya tidak tertular infeksi dari virus, bakteri, atau jamur, pastikan Anda memakai kondom sesuai petunjuk pada kemasan, dan tidak menggunakannya secara berulang.

2. Meminimalkan cedera saat berhubungan seks

Ada banyak jenis cedera yang bisa terjadi saat berhubungan seks. Misalnya genital burning yaitu panas pada penis atau vagina, vaginal tears yang berupa nyeri, atau fraktur penis yaitu penis patah.

Cedera kelamin rata-rata dipengaruhi oleh gerakan saat berhubungan seks yang terlalu kencang dan kuat. Apabila memakai kondom, Anda dapat mengantisipasi cedera tersebut.

Jumlah cairan pelumas yang banyak pada lapisan kondom dirancang untuk melancarkan proses penetrasi sehingga risiko cedera kelamin jadi lebih rendah.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.