News

Warga Duda-Karangasem Bangun Jembatan Darurat Secara Swadaya

 Jumat, 26 Januari 2018, 14:40 WITA

Beritabali.com/igs

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Warga Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem secara suadaya bergotong royong membangun jembatan darurat. Pembangunan jembatan darurat sebagai penghubung dua dusun yang sebelumnya terputus akibat terjangan lahar dingin yang mengalir di Tukad Panti sejak beberapa waktu lalu. 

Jembatan darurat berfungsi menghubungkan Dusun Geriana Kangin dan Dusun Geriana Kauh. Jembatan darurat yang dibangun juga merupakan akses terdekat bagi anak-anak yang bersekolah di SMPN 3 Selat. Terutama bagi siswa yang berasal dari wilayah barat sungai seperti Dusun Geriana Kauh, Dusun Sukaluwih, Dusun Sebun, Dusun Abian Tiying dan beberapa Dusun lainya yang berada di Desa Amerthabuana. 

Kepala Desa Duda Utara, Wayan Darmadi mengungkapkan warga sengaja membangun jembatan darurat karena kasihan melihat siswa harus cukup jauh memutar untuk pergi kesekolah. Jalan tersebut juga merupakan akses vital, terutama bagi warga yang tinggal di Dusun Tukad Sabuh untuk pergi ke kebun yang berada di seberang Tukad Panti. 

Darmadi berharap agar pemerintah terkait bisa menindak lanjuti kondisi jalan yang terputus sehingga bisa kembali dilalui dengan aman.  “Kita buat jembatan secara swadaya dengan warga untuk memudahkan warga terutama anak-anak bersekolah sehingga tidah harus memutar cukup jauh,” ujar Darmadi disela – sela pembuatan jembatan, Jumat (26/01). 

Jembatan sepanjang kurang lebih 6 meter tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dasar bambu yang didapat dari sumbangan warga setempat. Pengerjaan jembatan sendiri dilakukan bergotong royong antara warga dengan perangkat desa setempat beserta Babinsa. 

“Ya bagus dibangun jembatan jadi tidak perlu muter jauh lagi kearah Dusun Bambang Biaung sejauh 3 kilometer lebih,” ujar Kadek Arnawa salah satu warga setempat.

Sebelumnya warga juga sempat membuat jembatan serupa. Namun karena terjangan lahar dingin kembali menggerus sisi penyangga jembatan, sehingga dikhawatirkan berbahaya bagi pengguna.

Penulis : bbn/mul

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending