News

Status Pandemi Dicabut, Biaya Pasien Covid Masih Dibayar Pemerintah

 Jumat, 23 Juni 2023, 01:03 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Status Pandemi Dicabut, Biaya Pasien Covid Masih Dibayar Pemerintah

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Pemerintah masih menangani biaya perawatan pasien Covid-19 meskipun Presiden Joko Widodo telah mencabut status pandemi virus corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan belum ada perubahan kebijakan mengenai tanggungan biaya pasien Covid-19. Namun, ia tak menjelaskan sampai kapan pemerintah menanggung biaya perawatan pasien Covid-19.

"Saat ini vaksinasi dan penanganan pengobatan pasien Covid-19 masih dijamin pemerintah. Kebijakan selanjutnya akan diatur pemerintah," kata Wiku dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (22/6).

Wiku berkata biaya vaksinasi Covid-19 juga masih ditanggung pemerintah. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat yang belum vaksinasi untuk segera mendatangi gerai vaksinasi terdekat.

Ia menekankan imbauan itu kepada masyarakat yang belum menerima dosis keempai vaksin Covid-19. Pemerintah berharap masyarakat segera menuntaskan vaksinasi virus Corona.

"Untuk menjaga imunitas dan mempertahankan herd immunity di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan Indonesia masuk fase endemi Covid-19. Dia mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia pada Rabu (21/6) dengan alasan penularan telah berkurang drastis.

Pekan lalu, Jokowi sempat menyinggung penghapusan tanggungan biaya perawatan pasien Covid-19. Menurutnya, hal itu akan dilakukan bila Indonesia telah masuk masa endemi.

"Ini hati-hati kalau sudah masuk endemi, kalau kena covid-19 bayar. Saat ini masih ditanggung pemerintah. Begitu masuk endemi, jangan tepuk tangan dulu, sakit covid-19 bayar. Konsekuensinya itu," kata Jokowi pada peringatan satu dekade Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), dilansir Antara, Minggu (18/6).(sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending