News

Sidang Isbat Digelar Besok, Lebaran Idulfitri 2024 Diprediksi Serentak

 Senin, 08 April 2024, 10:15 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sidang Isbat Digelar Besok, Lebaran Idulfitri 2024 Diprediksi Serentak

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal atau lebaran Idulfitri 1445 Hijriah akan digelar besok, Selasa (9/4). Hasilnya pun diprakirakan tak memberi perbedaaan antara Pemerintah dan Muhammadiyah.

"Untuk Sidang Isbat tetap kami laksanakan pada tanggal 9 April 2024," kata Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3).

Ia pun memprediksi hari Raya Idulfitri akan jatuh pada 10 April, sama dengan ormas Muhammadiyah.

"Insyaallah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Tapi nanti akan kami konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta," katanya.

Potensi kesamaan ini lantaran terpenuhinya syarat minimal hilal di kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yakni tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi atau jarak sudut Bulan-Matahari minimal 6,4 derajat.

Muhammadiyah, yang memakai kriteria Wujudul Hilal buat memutuskan awal bulan hijriah, sebelumnya sudah menetapkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending