Wisata

Sempat Viral, Restoran dalam Gua di Bali Kini Dilarang Beroperasi

 Jumat, 22 Juli 2022, 01:26 WITA

bbn/m.kumparan.com/Sempat Viral, Restoran dalam Gua di Bali Kini Dilarang Beroperasi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Viral sebuah restoran di Bali dibangun di dalam gua. Setelah gaduh di media sosial, restoran di gua itu ditutup karena dilarang beroperasi.

Restoran gua itu berada di dalam gua yang ada di kawasan Hotel The Edge, Uluwatu, Kabupaten Badung, Bali. Penutupan restoran itu diputuskan setelah Satpol PP Kabupaten Badung, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bali dan sejumlah instansi lain melakukan peninjauan ke lokasi pada Selasa (19/7/2022).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan penutupan restoran dalam gua itu dilakukan karena tak adanya izin untuk membuat restoran di dalam gua.

"Itu yang pasti sudah tidak ada (izin) khusus di gua ini. Makanya, kami putuskan hari ini tidak boleh digunakan sampai izinnya lengkap," ujar dan dikutip dari Antara, Rabu (20/7).

Selain itu, Satpol PP Badung juga tengah melakukan kajian bersama instansi-instansi terkait soal status gua tersebut.

"Dari peninjauan ini, kesimpulan yang diambil untuk kegiatan di Restoran The Cave dihentikan sementara karena kami ingin mendapatkan kajian dari instansi terkait, khususnya balai budaya apakah gua ini kategori alam atau cagar budaya, sehingga dalam waktu secepatnya bisa diberikan rekomendasi," ujar Ketut Suryanegara.

Dia menyebut apabila hasil rekomendasi itu nantinya menyebutkan gua itu merupakan cagar budaya, karena cagar budaya, merupakan peninggalan purbakala maka menjadi kewajiban negara untuk menjaga kelestariannya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending