Informasi

Buka Rakorda Penanggulangan Bencana

Sekda Dewa Indra Ingatkan Antisipasi Risiko Bencana Baru Akibat Perubahan Iklim

 Sabtu, 04 Mei 2024, 10:01 WITA

beritabali/ist/Sekda Dewa Indra Ingatkan Antisipasi Risiko Bencana Baru Akibat Perubahan Iklim.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Penanggulangan Bencana Provinsi Bali Tahun 2024 yang mengangkat Tema “Penguatan Resiliensi Bali Dwipa Jaya” di Plagoo Holiday Hotel, Jumat (3/5). 

Dalam arahannya, Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwasannya dalam penanggulangan bencana baik itu pra bencana, saat terjadinya bencana maupun setelah bencana tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua institusi semata tetapi memerlukan kerjasama, dukungan serta kolaborasi banyak pihak karena penanggulangan bencana sangat kompleks. 

Sekda Dewa Indra menambahkan di pra bencana misalnya dibutuhkan kajian, penelitian dan melibatkan banyak pakar dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu geologi, klimatologi yang pastinya dimiliki oleh institusi yang berbeda.

Demikian pula halnya saat terjadinya bencana, BPBD tidak bisa bergerak sendiri, banyak institusi yang terlibat baik itu TNI/POLRI, Kementerian, Basarnas bahkan relawan dari masyarakat dan demikian pula halnya pasca bencana, akan melibatkan banyak pihak. 

“Tidak ada institusi yang mengatakan paling berperan atau bisa menangani bencana sendiri tanpa bantuan institusi lainnya, itulah pentingnya kita terus memperkuat  koordinasi, sinergi dan kolaborasi antar multihelix. Berbagai  peristiwa atau bencana  bisa kita lewati karena adanya kolaborasi dan koordinasi yang baik antar multi helix dan hal ini harus kita tingkatkan kedepannya,” imbuhnya. 

Dalam arahannya, Sekda Dewa Indra juga mengingatkan terkait berbagai tantangan dalam penanggulangan bencana kedepannya yang akan bertumbuh bahkan lebih cepat dari kemampuan kita. Kedepannya akan terus muncul risiko-risiko bencana baru.  


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending