Banner Image
Banner Image

News

Mantapkan Kerja Sama dengan Indonesia Power dan APSI untuk Optimalisasi TOSS dan Kurangi Sampah ke TPA

 Minggu, 11 April 2021, 01:50 WITA

beritabali.com/ist/Mantapkan Kerja Sama dengan Indonesia Power dan APSI untuk Optimalisasi TOSS dan Kurangi Sampah ke TPA

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Usai membagikan bantuan CSR Sembako kepada para petugas pemilah sampah TOSS Center, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama perwakilan dari Indonesia Power (IP) dan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia lanjut melakukan pertemuan di ruang rapat Gedung TOSS Center, Desa Kusamba Kecamatan Dawan Sabtu (10/4). 

Pertemuan ini guna meningkatkan kerjasama antara Pemkab Klungkung dengan IP dan APSI yang selama ini telah terjalin. 
Dalam pertemuan ini hadir Ketua DPD APSI Bali, NTB dan NTT, I Putu Ivan Yunatana SE. Sedangkan dari IP diwakili oleh Zulkifli dan Konsultan IP dari PT. Tri Eka Daya Unggul Jakarta, Herman. 

Pertemuan membahas langkah langkah upaya mempercepat penyerapan penggunaan pelet produksi TOSS Center oleh Indonesia Power (IP). Sedangkan APSI supaya melakukan edukasi tenaga pemilahan dan evaluasi penggunaan conveyor sehingga lebih efisien dan maksimal serta mendapatkan hasil pemilahan yang lebih bersih dan bernilai.  

"Saat ini pengambilan pelet tertunda akibat pandemi  dan banyak pelet produksi kita yang tidak terpakai, saya ingin pelet lebih cepat terserap dan digunakan sebagai pembangkit energi. Salah satu caranya dengan mengoperasionalkan genset gasifire yang ada di TOSS secara full. Saya ingin agar genset gasifire yang ada di TOSS Center bisa full beroperasional," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta meminta supaya ada genset gasifire yang memiliki kapasitas lebih besar sehingga pelet yg dihasilkan TOSS lebih cepat terserap sebagai pembangkit energi listrik dan disalurkan ke jaringan PLN.  

Sementara itu kepada APSI, Bupati Suwirta meminta untuk dilakukan edukasi kepada para petugas pemilahan sehingga pemilahan sampah menjadi lebih bersih dan lebih bernilai ekonomis. Serta mengedukasi tentang penggunaan mesin conveyor, yang akan mempercepat proses pemilahan dan mengurangi residu. 

Pihaknya juga meminta untuk dilakukan evaluasi apakah diperlukan penambahan mesin conveyor atau tenaga pemilah untuk mempercepat proses.

Usai rapat, Bupati Suwirta mengajak APSI dan perwakilan Indonesia Power berjalan jalan mengamati proses pemilahan sampah hingga pembuatan kompos.


 

Penulis : Humas Klungkung






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending