News

Ketua PHDI Bali Angkat Bicara Soal Penyalahgunaan Simbol Omkara

 Jumat, 22 Desember 2017, 11:00 WITA

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 
Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, Prof. I Gusti Ngurah Sudiana menanggapi penyalahgunaan simbol Omkara yang dilakukan oleh salah satu manajement villa di Yogyakarta beberapa hari yang lalu. Dia menyampaikan, masalah tersebut kedepan setidaknya dapat dijadikan pembelajaran, bahwa simbol-simbol Agama apapun dan dimana pun harus dihormati. Karena seluruh simbul-simbul Agama sangat disucikan oleh umat Agama masing-masing.
 
"Jika bisa sebelum menggunakan simbol-simbol Agama untuk kepentingan bisnis lebih baik sebelumnya dapat berkordinasi dengan majelis Agama bersangkutan. Khusus untuk umat Hindhu setidaknya dapat berkonsultasi ke PHDI terlebih dahulu," jelasnya.
 
Dirinya mengatakan, ke depan tidak diharapkan lagi ada  masalah ini terjadi. Baik itu terjadi di luar Bali maupun di Bali. Karena, bisa saja nantinya malah dipakai oleh pihak-pihak tertentu untuk mengadu domba dan memecah belah suku bangsa yang ada.
"Kami tidak menginginkan kejadian tersebut terulang lagi baik di Bali maupun diluar Bali, karena  bisa saja nantinya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan trik adu domba misalnya. Atau trik memecah belah suku bangsa dan sebagainya. Oleh karena itu semua pihak kita harapkan tetap berhati-hati baik dalam membicarakan simbul-simbul Agama yang bukan Agamanya juga dalam menggunakan simbul-simbul Agama baik untuk bisnis, organisasi dan sebagainya," ujarnya.
 
"Jika nantinya seandainya ditemui dari pengecekan yang dilakukan, selanjutnya  kami akan undang pemilik Villa maupun Hotel untuk kami ajak bicara. Langkah-langkah ini sebenarnya sudah kami lakukan dari dulu," ucapnya.
 
Sudiana, berharap  Bali sebagai daerah pariwisata dan mengarah ke Pariwisata sepiritual kedepannya jangan sampai terjadi hal-hal tersebut di Bali. Karena, jika itu terjadi di Bali, tentu Bali akan kehilangan kepercayaan dengan dunia luar. 

Penulis : bbn/aga

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending