News

Fenomena Sinkhole di Kedisan Gianyar, Dinas PUPR Ungkap Penyebabnya

 Kamis, 14 September 2023, 20:33 WITA

bbn/cnnindonesia.com/Fenomena Sinkhole di Kedisan Gianyar, Dinas PUPR Ungkap Penyebabnya.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Jalan jebol yang merupakan fenomena jalan berlubang (sinkhole) dengan dalam sekitar 50 meter dan lebar 30 meter terjadi di jalur akses wisata Kecamatan Tegallalang dan Tampaksiring di Kabupaten Gianyar, Bali.

Video dan foto fenomena yang membuat jalur terputus itu pun viral di media sosial pada Rabu (13/9).

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Gianyar Made Gede Astawiguna mengatakan fenomena jalan jebol tersebut berada di wilayah Banjar Cebok yang menghubungkan Desa Kedisan, Tegallalang dan Tampaksiring. 

Terlihat di video yang viral tersebut jalan tersebut jebol dengan lebar yang cukup luas dan menggerus lahan pertanian di sampingnya.

Made menerangkan peristiwa jebolnya jalan tersebut terjadi pada Rabu pagi tadi, sehingga untuk akses warga harus mencari jalan alternatif lainnya.

"Itu jebol di badan jalannya pagi tadi. Kita langsung konfirmasi ke lapangan dan investigasi, kita masih menghitung struktur yang memungkinkan untuk menangani jalan tersebut," kata Made saat dihubungi Rabu petang.

"Sementara, lebar jalan jebol tersebut lebih dari 30 meter dengan kedalaman 50 meter setelah longsor,"Kalau lebar runtuhnya lebih dari 30 meter, kalau kedalamannya kami ukur lebih dari 50 meter," imbuhnya.

Sinkhole adalah fenomena di mana tiba-tiba terbentuk membentuk lubang dengan ukuran yang terbilang besar di tanah. Made mengatakan sebenarnya jalan tersebut sudah terlihat terkikis sejak Desember 2022 silam.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending