Ekbis

Bank Dunia Beri Utang Rp 5,2 Triliun ke Indonesia untuk SDM

 Rabu, 06 Juli 2022, 14:36 WITA

bbn/kompas.com/Bank Dunia Beri Utang Rp 5,2 Triliun ke Indonesia untuk SDM

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia telah menyetujui pinjaman USD350 juta atau setara Rp5,2 triliun lebih (Rp15.000) pada tanggal 29 Juni lalu untuk meningkatkan pembangunan modal manusia (human capital) di Indonesia.

"Program ini adalah dukungan Bank Dunia yang pertama untuk kebijakan pembangunan modal manusia di kawasan Asia Timur dan Pasifik, dukungan ini merupakan pengakuan terhadap komitmen kuat Indonesia bagi kemajuan pembangunan modal manusianya,” kata kata Satu Kahkonen, Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

“Kegiatan ini mendukung serangkaian reformasi yang akan membantu pencapaian potensi sepenuhnya masyarakat Indonesia.” tambahnya.

Pembiayaan baru ini sejalan dengan Kerangka Kemittaan Negara (CPF) Bank Dunia untuk Indonesia selama 2021-2025, khususnya dalam membina modal manusia melalui penguatan kualitas, pemerataan gizi, kesehatan, dan perlindungan sosial.



Hal ini akan mendukung upaya Pemerintah Indonesia melindungi masyarakat ketika kehilangan pendapatan, meningkatkan akses ke layanan kesehatan, mencegah perilaku tidak sehat, dan meningkatkan efektivitas belanja Pemerintah.


Halaman :