Opini

Penggunaan Teknologi Informasi pada Dunia Kesehatan di Era Society 5.0

 Selasa, 17 Januari 2023, 15:24 WITA

bbn/ilustrasi/Penggunaan Teknologi Informasi pada Dunia Kesehatan di Era Society 5.0.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Kemajuan teknologi sekarang ini sudah sangat mempengaruhi berbagai macam bidang. Apalagi pada era society 5.0 yang dimana konsep ini berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.



Era ini menekankan manusia sebagai komponen utama yang dapat hidup berdampingan dengan teknologi. Di Indonesia sendiri sejak terjadinya pandemi covid-19 sejak akhir tahun 2019 hampir seluruh sektornya melalukan proyek society 5.0 terutama di bidang kesehatan.

Perkembangan teknologi sendiri tidak bisa di pisahkan dari dunia kesehatan seperti peralatan medis yang semakin canggih.Begitupun dengan Teknik biomedis yang perannya akan selalu di butuhkan untuk selalu membuat teknologi dan alat baru bagi tatanan kesehatan masyarakat.

Wakil Mentri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menilai bahwa layanan kesehatan berbasis digital merupakan salah satu bentuk dari penyelarasan society 5.0.

“Untuk menyelaraskan teknologi revolusi industri 4.0 dan society 5.0 maka bentuk implementasi itu muncul di dalam platform-platform kehidupan dan budaya manusia, salah satunya adalah bagaimana kemudian manusia melakukan transformasi pengobatan yang tadinya konvensional kemudian beralih pada pengobatan secara digital.Mengenai hal itu maka aplikasi layanan kesehatan seperti Good Doctor kemudian muncul sebagai salah satu platform yang menjembatani kebudayaan manusia dalam melakukan pengobatan secara  modern,” ujar Wamankes dalam konferensi pers daring peluncuran aplikasi “Good Doctor” di Jakarta, Senin.

Jadi,apa itu Good Doctor? Good Doctor adalah sebuah aplikasi atau yang biasa disebut Telemedicine yang merupakan bentuk penerapan dari society 5.0.


Halaman :





Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.