Banner Image
Banner Image

News

Puluhan Hektar Padi di Karangasem Terserang Hama Kresek, Terancam Gagal Panen

 Jumat, 03 Maret 2023, 23:36 WITA

beritabali/ist/Puluhan Hektar Padi di Karangasem Terserang Hama Kresek, Terancam Gagal Panen.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Puluhan hektar tanaman padi di Kabupaten Karangasem terserang penyakit "kresek" dengan ciri - ciri timbul bercak pada daun padi hingga menguning dan kering seperti terbakar.

Atas temuan tersebut, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem langsung turun melakukan langkah antisipasi melakukan pengendalian berupa pemberian bantuan obat Nordox untuk disemprotkan ke tanaman padi yang diserang penyakit tersebut. 

"Kemarin kita turun ke salah satu subak di Selat, disana ada padi petani terserang penyakit Kresek. Langsung kita lakukan pengendalian dengan penyemprotan pestisida Nordox," ujar Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah dihubungi jumat (3/3/2023). 

Ia menjelaskan, dari data yang pihaknya peroleh, total ada sekitar 25 hektaran tanaman padi yang ada di wilayah Subak Selat terserang penyakit kresek. Selain itu ada juga yang terserang hama tikus sekitar 10 hektaran. 

Untuk tanaman padi yang terserang hama Kresek rata - rata berumur 8 mingguan. Munculnya penyakit ini diduga karena pengaruh curah hujan yang tinggi di wilayah Karangasem belakangan ini. 

Untuk mengantisipasi semakin meluasnya penyakit ini, Siki Ngurah menghimbau petani agar melakukan pemeliharaan, pemupukan, pengeringan, dan penyemprotan pestisida secara bijaksana.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending