Kesehatan

Enam Makanan Ini Bisa Bikin Asam Urat Sering Kumat

 Senin, 30 Januari 2023, 04:59 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Enam Makanan Ini Bisa Bikin Asam Urat Sering Kumat

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Asam urat atau gout adalah salah satu jenis peradangan sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Umumnya, penderita asam urat sering mengeluhkan nyeri sendi di jempol kaki, jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut.

Biasanya, asam urat terjadi karena dipicu makanan dengan zat purin tinggi. Dilansir dari Everyday Health, purin adalah senyawa yang ditemukan secara alami pada beberapa makanan. Setelah menerima asupan purin, tubuh akan menghasilkan limbah berupa asam urat.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam urat?

1. Daging Merah

Daging sapi, domba, dan babi masuk ke dalam daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat karena mengandung tinggi zat purin. Sebagai alternatif, Sandon menyarankan penderita asam urat untuk mengonsumsi daging unggas putih.

"Daging unggas tidak memiliki efek negatif sebanyak daging merah," ujar Profesor University of Texas Southwestern Medical School, Lona Sandon, dikutip dari Everyday Health, Jumat (27/1/2023).

2. Makanan Laut (Seafood)

Sejumlah makanan laut atau seafood dikenal mengandung zat purin yang tinggi, salah satunya ikan. Jenis ikan yang harus dihindari orang yang terkena asam urat adalah ikan teri, ikan kod, herring, makarel, telur ikan, dan sarden.

"Salmon adalah makanan laut yang baik untuk penderita asam urat," sebut Sandon.

Selain ikan, makanan laut lain seperti kepiting, lobster, tiram, dan udang juga harus diwaspadai karena mengandung zat purin walaupun dalam jumlah sedang.

3. Beberapa Jenis Sayuran

Sayuran dikenal sebagai makanan yang baik bagi tubuh. Namun, ternyata ada sejumlah sayuran yang mengandung zat purin dan harus diwaspadai penderita asam lambung, yaitu asparagus, bayam, kembang kol, kacang polong, dan jamur.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending