News

Asia di Ambang Perang, AS-Korsel Balas Tembakan Rudal Korut

 Rabu, 05 Oktober 2022, 09:05 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Asia di Ambang Perang, AS-Korsel Balas Tembakan Rudal Korut

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Tensi geopolitik di Asia kian panas setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) merespons tembakan rudal balistik Korea Utara. Korea Selatan dan militer AS pada Rabu (5/10/2022) menembakkan satu tembakan rudal ke laut sebagai tanggapan atas peluncuran rudal balistik Korea Utara yang melintasi Jepang.

Sebelumnya, Korea Utara yang bersenjata nuklir melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah (IRBM) lebih jauh dari sebelumnya pada Selasa (4/10/2022) ke arah Jepang untuk pertama kalinya dalam lima tahun dan memicu peringatan bagi penduduk di sana untuk berlindung.

Setelahnya, seperti diungkapkan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, pasukan Korea Selatan dan AS melakukan latihan rudal mereka sendiri sebagai tanggapan. Masing-masing pihak menembakkan sepasang rudal balistik jarak pendek ATACMS buatan AS.



Militer secara terpisah mengonfirmasi bahwa rudal Hyunmoo-2 Korea Selatan gagal tak lama setelah diluncurkan dan jatuh, tetapi tidak menimbulkan korban.

Adapun, Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengecam keras uji coba Korea Utara dalam, sementara Uni Eropa menyebutnya sebagai tindakan sembrono dan sengaja provokatif.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.