Misteri

Misteri 160 Tahun Garis yang Membelah RI Jadi Dua Terpecahkan

 Sabtu, 16 September 2023, 06:16 WITA

bbn/Vincent1969 via Wikimedia Commons (CC-BY-2.5)/Misteri 160 Tahun Garis yang Membelah RI Jadi Dua Terpecahkan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Selama ini garis imajiner yang membelah wilayah Indonesia atau dikenal dengan Garis Wallace menjadi misteri selama 160 tahun. Namun, baru-baru ini para peneliti mengungkap teka-teki garis itu.

Garis Wallace merupakan garis evolusi distribusi spesies hewan yang pertama kali dipetakan oleh naturalis dan penjelajah asal Inggris, Alfred Russel Wallace pada tahun 1863.

Dalam perjalanannya melintasi Kepulauan Melayu, ke lebih dari 25 ribu pulau antara Asia Tenggara dan Australia - mencakup negara-negara modern seperti Filipina, Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, dan Singapura - Wallace menemukan spesies yang berubah drastis melewati titik tertentu.

Titik ini kemudian menjadi batas Garis Wallace. Pada sisi garis Asia, sebagian besar spesies satwanya eksklusif berasal dari Asia. Namun di sisi perbatasan Australia, satwanya adalah campuran keturunan Asia dan Australia.

Selama lebih dari satu abad, distribusi asimetris spesies di seluruh Garis Wallace membuat bingung para ahli ekologi.

Sesuatu hal memungkinkan spesies Asia bergerak ke satu arah, namun mencegah spesies Australia bergerak ke arah sebaliknya, dan tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini saat itu.

Dikutip dari Live Science, para peneliti sekarang mengerti distribusi spesies yang tidak merata melintasi Garis Wallace disebabkan perubahan iklim ekstrem akibat aktivitas tektonik sekitar 35 juta tahun yang lalu.

Yakni, ketika Australia memisahkan diri dari Antartika dan menabrak Asia, melahirkan Kepulauan Melayu.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending