Sosok

Cerita Masa Kecil Komang Suarsana 'KOS', Pernah Jualan Es Lilin, Selalu Juara Kelas

 Sabtu, 30 September 2023, 01:59 WITA

beritabali/ist/Cerita Masa Kecil Komang Suarsana 'KOS', Pernah Jualan Es Krim, Selalu Juara Kelas.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Bangli. 

Hidup dalam kesederhanaan tidak menjadikan anak yang lahir 17 Oktober 1965 lalu di Banjar Blungbang, Bangli hidup pasrah dengan keadaan. Justru keadaan yang amat sangat sederhana itu menjadi pelecut hidupnya untuk menjadi tantangan.

Siapa sangka anak guru yang ditempa ini kemudian menjadi seorang aktif di berbagai organisasi, jurnalis hingga politisi. Hal ini tidak lepas dari peran kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai guru yang membentuk dominan karakter Komang Suarsana. 

Pria yang akrab dipanggil 'KOS' ini, sejak kecil selalu menyukai tantangan bukan karena doktrin orang tua sebagai guru yang mengharuskannya meraih prestasi gemilang di sekolah. Hal inilah yang menjadikannya selalu menonjol di kelas di antara murid lainnya. Meski saat itu KOS juga disandingkan dengan anak sekelas pejabat.   

"Saat itu saya sekolah dengan anak Danres, anak Kepala Kejaksaan atau pejabat. Namun justru saya bersyukur saya selalu juara di kelas dan terbentuk bukan doktrin tapi suatu kondisi tantangan dan keteladanan orang tua dalam kesederhanaan serta pola pikir," ungkap mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Provinsi (KPID) Bali dua periode ini belum lama ini.

Tidak hanya berprestasi, watak mandiri KOS sudah dimulai sejak SD, yakni ketika usai sekolah, ia langsung berjualan es lilin atau es mambo keliling di seputaran Kota Bangli. Bahkan saat SMP ia juga sempat kerja menjadi 'kacung' atau tukang pungut bola tenis dan mengepel lapangan dengan gaji Rp750 per bulan pada tahun 1970-an. Semua ia lakoni sembari belajar bersama dengan teman-temannya usai bekerja.

"Saya sejak kecil sudah hidup sederhana, walau demikian, secara akademis Tuhan beri anugerah sejak SD sampai SMP jadi juara kelas terus. Saat SD sudah mengambil pekerjaan jualan es krim, berkeliling desa sepulang sekolah. Sorenya malah jarang tidur di rumah, menginap di tempat belajar bersama teman-teman. Bahkan sering jadi guru bagi teman-teman lainnya untuk buat tugas PR," tutur pria terakhir meraih Doktor Ilmu Pertanian Universitas Udayana tahun 2017 lalu.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami








Hasil Polling Calon Bupati Bangli 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending