Seksologi

11 Manfaat Seks Untuk Kesehatan, Tidak Hanya Puaskan Hasrat Seksual

 Minggu, 01 Januari 2023, 11:18 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/11 Manfaat Seks Untuk Kesehatan, Tidak Hanya Puaskan Hasrat Seksual

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Manfaat seks sejatinya tak cuma untuk memuaskan hasrat seksual. Nyatanya, sejumlah penelitian menemukan bahwa seks memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, baik bagi pria maupun wanita. Manfaat dari berhubungan seks ini bukan hanya dirasakan secara fisik, tetapi juga secara psikologis, emosional, intelektual, hingga sosial.

Melansir Healthline, seks merupakan aktivitas yang berkaitan dengan keintiman penis dan vagina. Biasanya, aktivitas ini akan berlanjut ke orgasme dan masturbasi.



Di sisi lain, seks berfungsi untuk menjalankan sistem reproduksi untuk menciptakan kehamilan dan memiliki keturunan. Namun, beberapa studi menunjukkan seks juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan libido, hingga mengurangi risiko berbagai penyakit.

Berikut 11 manfaat seks untuk kesehatan.

1. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Studi menunjukkan orang yang melakukan seks setidaknya 1-2 kali per minggu memiliki imunoglobulin A yang lebih baik. Begitu sebaliknya, imunoglobulin A pada mereka yang jarang seks lebih sedikit.

Imunoglobulin adalah antibodi yang berfungsi mencegah penyakit dan benteng pertahanan untuk melawan berbagai virus, termasuk human papillomavirus (HPV). Artinya, seks bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Tidur lebih nyenyak

Ketika seks, tubuh akan melepas hormon oksitosin alias hormon cinta dan hormon endorfin yang menimbulkan rasa tenang dalam diri. Selain itu, seks juga melepaskan hormon prolaktin yang membuat Anda mengantuk dan rileks, sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

Tidur yang lebih nyenyak bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan energi, hingga memperpanjang usia. Khusus bagi wanita, tidur yang nyenyak dan lebih lama dapat meningkatkan hasrat seksual pada esok harinya.

3. Redakan sakit kepala

Studi menunjukkan seks dapat meredakan sakit kepala penuh dan sebagian alias migrain. Hal ini karena seks memberikan rasa tenang dan dapat meredakan berbagai rasa sakit.

4. Cegah kanker prostat

Pria yang lebih sering seks memiliki risiko kanker prostat yang lebih kecil daripada yang tidak. Hal ini mengacu pada hasil studi yang menunjukkan pria yang ejakulasi 4-7 kali per minggu memiliki risiko kanker prostat sekitar 36 persen.

Potensi risiko ini lebih kecil daripada pria yang hanya ejakulasi sekitar 2-3 kali per minggu. Tak hanya itu, studi lain menyatakan pria yang orgasme minimal 2 kali per minggu memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah dari yang jarang berhubungan intim.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.