Banner Image
Banner Image

Sejarah

Mengenang Raja Klungkung Ida Dewa Agung Jambe, Kini Dinobatkan Pahlawan Nasional

 Jumat, 10 November 2023, 18:35 WITA

beritabali/ist/Mengenang Raja Klungkung Ida Dewa Agung Jambe, Kini Dinobatkan Pahlawan Nasional.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Tanggal 28 April 1908, menjadi sejarah perjuangan Raja Klungkung, Ida Dewa Agung Jambe. Sang raja bersama keluarga dan rakyat kala itu lebih memilih perang hingga titik darah penghabisan atau dikenal Puputan melawan penjajah Belanda.

Dalam perang saat itu, Ida Dewa Agung Jambe yang dikenal sebagai seorang raja yang memperjuangkan kedaulatan di atas segala-galanya itu gugur bersama putra mahkota di medan pertempuran.

"Beliau tidak menyerah dan memutuskan berperang melawan kolonial sampai titik darah terakhir. Demi harkat dan martabat serta kedaulatan di atas segala-galanya," ujar Penglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Semara Putra kepada wartawan, Rabu (8/11/2023).

Perjuangan sang raja melawan penjajahan belanda pada masa itu kini dikenang lewat penganugrahan gelar pahlawan nasional. Rencananya, penetapan Ida Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional akan dilaksanakan pada 10 November 2023 mendatang bertepatan dengan peringatan hari pahlawan yang akan diumumkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo bersama dengan lima Pahlawan Nasional lainnya di Istana Negara.

Penganugrahan ini menjadi kado spesial dalam momen peringatan hari pahlawan bagi Puri Agung Klungkung, pasalnya pengusulan tokoh Puri Klungkung sebagai pahlawan nasional ini sudah sejak lama dilakukan hingga akhirnya tahun 2023 ini resmi mendapat pengakuan dari Pemerintah. 

"Kami sangat senang, ini sudah lama kami tunggu-tunggu. Sudah lama leluhur kami diperjuangkan untuk menjadi pahlawan nasional Akhirnya leluhur kami dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung dan memperjuangkan Ida Dewa Agung Jambe sehingga bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional," imbuh Ida Dalem Semara Putra. 

Nantinya, Penglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semara Putra, bersama dengan Kepala Dinas Sosial, Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, I Gusti Agung Putra Mahajaya akan berangkat langsung ke Jakarta terkait penganugrahan gelar pahlawan nasional kepada Ida Dewa Agung Jambe tersebut.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending