News

Wabah Kolera Sebabkan Kematian 230 Orang di Kongo

 Minggu, 20 Agustus 2023, 20:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Wabah Kolera Sebabkan Kematian 230 Orang di Kongo

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

UNICEF melaporkan sebanyak 230 orang meninggal dunia di Kongo dalam tujuh bulan terakhir akibat wabah kolera yang melanda negara tersebut.

Menurut UNICEF, setidaknya terdapat 31.342 kasus kolera yang dicurigai atau dikonfirmasi di Kongo, yang berujung pada 230 kematian dalam periode Januari-Juli 2023.

Provinsi di Kongo yang terkena dampak paling parah yakni Kivu Utara, dengan lebih dari 21.400 kasus kolera yang dikonfirmasi atau dicurigai, termasuk lebih dari 8.000 anak di bawah usia lima tahun.

"Besarnya wabah kolera dan kehancuran yang diancamnya harus menjadi peringatan," kata Koordinator Darurat Senior UNICEF DRC, Shameza Abdulla, seperti dilansir Anadolu Agency, Sabtu (19/8).

Shameza khawatir apabila wabah kolera tidak ditangani dalam beberapa bulan ke depan, penyakit ini berisiko tersebar ke wilayah-wilayah bagian negara yang tidak terpengaruh selama bertahun-tahun.

Dia mengatakan ada juga bahaya yang akan terus menyebar di lokasi pengungsian, di mana sistem sudah kewalahan dan penduduk, terutama anak-anak, sangat rentan terhadap penyakit dan berpotensi kematian.

Pada 2017, kolera menyebar ke seluruh Kongo, termasuk ibu kotanya, Kinshasa, hingga menyebabkan hampir 55.000 kasus dan lebih dari 1.100 kematian.

UNICEF mengatakan pihaknya meminta US$62,5 juta atau sekitar Rp957 miliar untuk meningkatkan kegiatan pencegahan dan respons terhadap kolera dan krisis WASH (air, sanitasi dan kebersihan) dalam lima bulan ke depan.

Bantuan dana itu nantinya diharapkan menjangkau 1,8 juta orang, termasuk 1 juta anak-anak, dengan perlindungan yang aman seperti, air, peralatan kebersihan, jamban, persediaan medis dan perawatan kolera yang ramah anak. Sekarang dana itu baru terkumpul 9 persen.(sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending