News

Serangan Terbesar Israel ke Jenin Dalam 20 Tahun: 10 Tewas, 100 Luka

 Rabu, 05 Juli 2023, 11:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Serangan Terbesar Israel ke Jenin Dalam 20 Tahun: 10 Tewas, 100 Luka

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Setidaknya 10 orang tewas dan 100 lainnya terluka usai Israel melancarkan serangan besar-besaran di Jenin, Tepi Barat, beberapa hari terakhir. Serangan ini disebut sebagai yang terbesar sejak 2002.

Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi 10 orang tewas dalam serangan Israel di Jenin. Dari keseluruhan angka itu, lima di antaranya merupakan remaja.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan serangan itu merupakan "upaya kontra-terorisme besar di area Kota Jenin dan Kamp Jenin." Dalam operasi itu, IDF menggempur "infrastruktur teroris."

Sejauh ini,IDF sudah melancarkan 10 serangan udara menggunakan drone. Di darat, ratusan tentara menyerang pusat-pusat "komando dan kontrol" para militan beserta situs-situs penyimpanan senjata mereka.

IDF mengakui sejumlah warga sipil terluka dalam serangan itu. Namun, mereka menegaskan operasi itu hanya menargetkan "teroris" di Jenin.

"Ini bukan invasi terhadap Jenin, bukan pula untuk melawan Otoritas Palestina. Serangan ini bukan untuk menyerang orang Palestina yang tak bersalah. Serangan ini hanya untuk menyerang teroris di kamp ini," demikian pernyataan IDF.

Namun, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas menyebut serangan besar-besaran Israel ini sebagai "kejahatan perang yang baru."

"Keamanan dan stabilitas tak akan tercapai di kawasan ini jika warga Palestina tak dapat merasakannya," kata Abbas, seperti disampaikan juru bicaranya, Nabil Abu Rudeineh.

"Yang dilakukan pemerintah Israel di Jenin dan kamp-nya merupakan kejahatan perang baru terhadap warga kami yang tak berdaya."

Sejumlah video yang dihimpun CNN memperlihatkan pasukan Israel membuldozer ruas-ruas jalan guna menghancurkan ranjau-ranjau darat. Sederet tank Israel juga terlihat di sekitar kota.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending