Banner Image
Banner Image

News

Program TOSS Klungkung Diharapkan Bisa Diduplikasi di Seluruh Indonesia

 Sabtu, 07 November 2020, 06:00 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Program inovasi Pemerintah Kabupaten Klungkung di bidang penanganan sampah terintegrasi yang digagas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, terus menarik perhatian banyak pihak. 

Kali ini dikunjungi Pemerintah Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Rombongan yang di pimpin langsung Plt. Bupati Kabupaten Barru, Nasruddin Abdul Muttalib disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Ngurah Kirana bertempat di TOSS Center Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Jumat (6/11/2020).

Sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan Sekda Winastra mengatakan ini merupakan bentuk komitmennya dalam menjaga pelestarian lingkungan. Salah satu produk unggulan dari TOSS adalah produksi sampah menjadi pellet dan briket sebagai sumber energy terbarukan yang dibuat dari fermentasi cacahan sampah organik dan anorganik. 

Pemkab Klungkung bekerja sama dengan Indonesia Power dan STT PLN untuk program waste to energy yaitu briket sebagai sumber energi bio massa karena sampah organik paling dominan tiap hari.  

"Dimana program ini berhasil masuk dalam TOP 99 dan TOP 40 inovasi pelayanan publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tahun 2018. Mudah-mudahan kedepan mampu menjadi tempat percontohan pengolahan sampah dan bisa di ATM Oleh Kabupaten lainnya," ujar Sekda Winastra.

Lebih lanjut program TOSS akan diimplementasikan ke seluruh desa di Kabupaten Klungkung dan berharap bisa diduplikasi ke seluruh wilayah di Indonesia

“Dengan ini slogan dari Klungkung untuk Indonesia akan bisa diwujudkan,” pungkasnya.

Plt. Bupati Kabupaten Barru, Nasruddin Abdul Muttalib menjelaskan wilayahnya yang subur, menjadikan Kabupaten Barru memiliki potensi serta kekayaan alam yang melimpah, diantaranya adalah sektor Industri, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, kerajinan yang banyak mengahsilkan sampah organik yang ingin diolah menjadi sumber energi bio massa. Dirinya mengaku sangat tertarik dengan program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan ingin dikembangkan di Kabupaten Barru. 

“Kunjungan kali ini saya bersama OPD terkait ingin melihat secara  proses pengolahan sampah menjadi pellet dan briket sebagai sumber energi bio massa dan energy terbarukan. Hasil pembelajaran hari ini kita akan kembangkan dan dikolaborasikan di Kabupaten Barru,” Ujar Nasruddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Agung Kirana mengatakan TOSS Center sudah beroperasi sejak akhir Januari 2020. TOSS Center ini akan menjadi Learning Center semua tehknik pengolahan sampah. 

Mulai dari pemilahan sampah organik dan plastik, pencacahan sampah plastik, pengolahan sampah plastik menjadi paving blok dan aspal serta mengolah sampah plastik menjadi minyak plastik. Selain diolah, sampah plastik juga ada yang akan dijual. 

Sementara itu sampah organik akan diolah menjadi pupuk osaki, diolah dengan proses penyeumisasi serta diolah menjadi pelet sebagai bakan bakar pembangkit listrik. 

Penulis : Humas Klungkung






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending