Wisata

Pakar Pariwisata Bantah Bali Overtourism: Infrastruktur Lemah, Masih Terpusat di Selatan

 Selasa, 23 April 2024, 23:47 WITA

beritabali/ist/Pakar Pariwisata Bantah Bali Overtourism: Infrastruktur Lemah, Masih Terpusat di Selatan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Dua media asing seperti CNN International dan Channel News Asia (CNA) menyoroti Bali yang disebut mengalami overtourism.

Namun, seorang pengamat wisata sekaligus Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana, I Putu Anom, membantah Bali mengalami overtourism yang tengah menjadi perhatian utama bagi industri wisata.

Menurut Anom, klaim overtourism yang dilontarkan oleh media asing terhadap Bali adalah prematur. "Saya berpendapat (Bali) belum overtourism," ujarnya kepada, Selasa (22/4).

Dia menilai kondisi itu terjadi karena Pulau Dewata punya kelemahan infrastruktur, sehingga kebanyakan aktivitas wisata terdapat di Bali bagian selatan, yang menyebabkan kepadatan dan penumpukan di daerah tersebut.

Anom pun menyoroti masalah pengelolaan sampah dan infrastruktur yang belum memadai, seperti di kota Denpasar yang kerap mengalami banjir setelah hujan. Perbaikan drainase juga diharapkan dilakukan pemerintah provinsi.

"Banyaknya pembangunan juga menyebabkan kurangnya ruang terbuka hijau semakin berkurang, yang mengakibatkan penurunan resapan air. Ini bukan masalah overtourism, tapi ketidakmerataan dan kekecewaan karena fasilitas yang kurang," jelasnya.

Fokus pariwisata di Bali dilakukan di daerah bagian Bali Selatan seperti Nusa Dua, Kuta Utara, Kuta Tengah, dan Kuta Selatan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending